Ketinggalan Makan Sahur? Ini 5 Tips Kuat Jalani Puasa Seharian

Berpuasa meskipun tanpa sahur, tetap kuat dan sehat dengan 5 tips berikut ini.

oleh Putry Damayanty diperbarui 14 Mar 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi berbuka puasa, Islami
Ilustrasi berbuka puasa, Islami. (Image by freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Sahur merupakan salah satu hal yang penting agar dapat menjalankan puasa dengan baik di bulan Ramadhan. Saat sahur kita dapat mengisi perut sebelum berpuasa seharian. 

Namun mungkin ada beberapa orang yang tidak sengaja melewatkan sahur karena kesiangan atau penyebab lainnya. Meskipun puasa tanpa sahur tetap dianggap sah, namun jika terus dilakukan bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Puasa tanpa sahur dapat mengakibatkan kekurangan cairan dan kalori dalam jangka waktu tertentu sehingga membuat orang mengalami dehidrasi ringan dan penurunan energi saat berpuasa.

Dampak lainnya yaitu akan membuat tubuh lebih cepat haus dan lapar sehingga meningkatkan kemungkinan batalnya puasa. Jadi bagaimana cara bertahan menjalani puasa meski tanpa sahur?

Dilansir dari laman dream.co.id, berikut adalah 5 tips kuat menjalani puasa meskipun tanpa sahur. Simak penjelasannya!

 

Saksikan Video Pilihan ini:


Tips Kuat Puasa Tanpa Sahur

Doa Niat Puasa Ayyamul Bidh
Ilustrasi muslimah, Islami. Credit: freepik.com

1. Kuatkan niat

Dengan niat kuat dan tubuh yang sehat, niscaya tidak ada masalah berpuasa tanpa sahur, karena puasa tidak hanya mengenai kekuatan fisik tapi juga spiritual.

Selalu niatkan berpuasa keesokan hari sebelum tidur agar jasmani dan rohani sudah siap menjalannya dengan baik meski sahur terlewatkan. 

2. Jaga asupan cairan

Menjalani puas tanpa sahur membuat tubuh akan kekurangan lebih banyak cairan, oleh karena itu minumlah secara berkalah setelah berbuka untuk menggantikan cairan yang kurang.

Masukkan pula menu kuah hangat seperti sup untuk berbuka, karena sup mudah dicerna tubuh dan mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh.

3. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur

Asupan mineral dan vitamin sangat diperlukan tubuh saat berpuasa, lengkapi kebutuhan tersebut dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur ketika berbuka. Selain itu juga bisa konsumsi buah kering seperti kurma, sebagai sumber makanan gula. 


Tips Selanjutnya

Olahraga - Vania
Ilustrasi Olahraga Muslim/https://www.shutterstock.com/Odua Images

4. Jangan makan berlebihan

Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa ketika tidak sahur pagi harinya. Setelah mengosongkan perut terlalu lama kemudian makan dengan porsi berlebih akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Jadi atur menu berbuka puasa kamu. Makan dalam porsi kecil terlebih dahulu, dilanjutkan dengan mengonsumsi buah dan makanan berat setelah salat magrib. Tambahkan makanan kaya nutrisi setelah salat tarawih jika dirasa masih butuh nutrisi.

5. Olahraga

Menjaga kebugaran tubuh sangat penting, khususnya jika puasa tanpa sahur, karena dapat mempengaruhi daya tahan tubuh.

Olahragalah ketika menjelang atau setelah berbuka, misalnya berjalan kaki 10.000 hingga 15.000 langkah untuk olahraga ringan atau jogging selama 30 sampai 40 menit untuk olahraga ringan.

Namun, jika memiliki kondisi kesehatan khusus ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter, mungkin diperlukan meminum obat atau suplemen tertentu untuk tetap menjaga tubuh selama berpuasa.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya