Amalan Mohon Kekayaan dan Dibebaskan dari Utang, Doa Nabi Sulaiman

Berikut adalah amalan doa nabi sulaiman. Doa ini berisi permohonan agar diberi kekayaan termasuk dibebaskan dari utang.

oleh Putry Damayanty diperbarui 25 Okt 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi muslim memanjatkan doa
Ilustrasi muslim memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Rezeki memang sudah diatur dan dijamin oleh Allah. Namun, manusia perlu berikhtiar untuk mendapatkan hasil terbaik.

Allah SWT telah berfirman dalam QS. Ar-Ra'd ayat 11:

"... Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri...,"

Ada banyak jalan dan kesempatan untuk mendapatkan rezeki. Namun, jangan sampai kita menghalalkan segala cara hanya untuk meraih kekayaan.

Tak hanya itu, usaha juga harus diimbangi dengan doa yang dapat mendatangkan rezeki. Ada banyak doa yang dapat diamalkan, salah satunya adalah doa Nabi Sulaiman.

Doa ini diabadikan dalam Al-Qur'an serta memiliki sejumlah keutamaan. Di antaranya berupa permohonan agar diberi kekayaan, kekuasaan dan dibebaskan dari utang. Berikut bacaan doanya dikutip dari cahayaislam.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

Doa Nabi Sulaiman

Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Dalam surah Ali- Imran ayat 26 sampai 27, Anda bisa mendapati doa yang dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman untuk mendapatkan kerajaan yang maha hebat. Diterangkan dalam beberapa cerita bahwa para jin membangun istana Nabi Sulaiman dengan batu-batu mulia yang dicari dari dasar lautan, lantai-lantai di istananya megah dan gemerlap, bahkan jika seseorang berjalan diatasnya, maka nampaklah laksana orang tersebut berjalan diatas air. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ، وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ، وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكِ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ، وتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ، وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ، وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ، وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرَحِيمَهُمَا، تُعْطِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُمَا، وتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ، ارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِيني بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Artinya: Wahai Allah, Raja diraja diantara para raja, Penguasa yang menghadiahkan kerajaan dan merenggutnya dari orang yang dikehendaki. Penguasa yang memuliakan dan menghinakan orang yang dikehendaki. Ditangan Allah, ada semua kebajikan.

Sungguh Engkau maha kuasa, memasukkan malam kedalam waktu siang, dan sebaliknya. Mengeluarkan kehidupan dari kematian dan begitu pula mengeluarkan kematian dari kehidupan. Dzat yang menganugerahkan rizki diluar perhitungan. Wahai dzat yang berbelas kasih di akhirat dan dunia, Engkau berikan dan halangi rasa welasmu pada yang Engkau kehendaki. Mohon sayangilah hambamu ini, dengan Rahmat yang Baginda gunakan untuk memberikan kekayaan kepada hamba, dan jauhkanlah dari rahmat selain dariMu.

Hakikat Doa Nabi Sulaiman

Doa ini juga dibahas dalam hadis Thabrani. Dalam hadis tersebut diceritakan bahwa Rasulullah telah mengajarkan sebuah doa yang diambil dari surah tersebut kepada seseorang bernama Mu’adz bin jabbal yang dikala itu memang sedang dirundung kegalauan karena beratnya utang yang dia pikul.

Perihal doa yang dinukil dari hadis tersebut bahwasanya inti dari doanya tidak hanya bertujuan untuk meminta kekayaan kepada Allah, Dzat Yang Maha Kaya saja. Namun, doa ini juga sarat dengan pujian-pujian kepada Allah yang menyanjung-Nya sehingga doa ini sangat baik untuk diamalkan.

Adapun kaya yang diminta dengan doa ini adalah kekayaan yang berselimutkan rahmat dari Allah. Dan sesungguhnya rahmat Allah lah yang memang melebihi hal apapun di dunia ini dan bisa membawa kita kepada nikmat surga-Nya kelak.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya