Cantik atau Standar? Eksperimen Dove Uji Persepsi Diri Wanita

Sebuah eksperiman dilakukan Dove untuk melihat bagaimana wanita memandang dirinya sendiri terkait kecantikan.

oleh Bio In God Bless diperbarui 10 Apr 2015, 13:35 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2015, 13:35 WIB
Dove Beauty Experiment 0415
Foto: HuffintonPost.com

Liputan6.com - Sebagai bagian dari iklan terbaru yang diluncurkan, label personal care milik Unilever, Dove, membuat suatu eksperimen menarik. Di 5 negara, Dove memasang 2 papan pada pintu masuk sebuah gedung. Papan tersebut bertuliskan `Beautiful` dan `Average`. Sebuah kamera dipasang di dekatnya untuk mengamati papan mana yang kira-kira dipilih oleh para wanita yang akan memasuki gedung itu.

Pada video yang dibuat di Shanghai, San Francisco, London, Sao Paulo, dan Delhi terlihat bahwa sebagian besar wanita memilih pintu dengan papan bertuliskan `Average`. Dalam sebuah wawancara, seorang perempuan yang mengambil pilihan Average itu bertanya, “Apakah saya memilih berdasarkan apa yang banyak orang bilang tentang saya ataukah saya memilih karena itu memang hal yang saya yakini?”.

Seorang wanita lain yang juga memilih papan bertuliskan Average mengatakan, “Kecantikan untuk saya adalah sesuatu yang jauh untuk digapai”. Beda pilihan, seorang wanita yang masuk lewat pintu Beautiful merasa bahwa ia jadi termotivasi. Seperti dilansir dari HuffingtonPost.com pada Jumat (10/4/2015), Dove juga mensurvey 6.400 wanita berusia 18-64 tahun di 20 negara tentang bagaimana mereka melihat kecantikan.

Sebanyak 96 persen wanita tak melihat bahwa diri mereka cantik tapi sebanyak 80 persen percaya bahwa tiap wanita punya sesuatu yang cantik di dalam dirinya. “Dove ingin menginspirasi wanita untuk bisa memilih apa yang membuat mereka merasa cantik setiap hari sebab dengan demikian hal itu akan menambah rasa percaya diri,” ucap Victoria Sjardin yang merupakan Senior Global Director dari Dove tentang maksud eksperimen yang dilakukan. (bio/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya