10 Maskapai Penerbangan Terbersih di Dunia

Bagi Anda yang mendambakan penerbangan bersih dan nyaman, simak artikel berikut ini.

oleh Meita Fajriana diperbarui 25 Jun 2015, 03:35 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2015, 03:35 WIB
masakapai asia
Maskapai penerbangan terbersih di dunia

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pengguna maskapai penerbangan yang mengedepankan kebersihan, Anda dapat mempercayakan penerbangan pada maskapai milik Asia. Pasalnya, Skytrax World Airline Awards tahun ini menobatkan EVA Air yang berbasis di Taiwan sebagai maskapai terbersih di dunia, disusul Singapura Airlines di peringkat ke-2, dan ANA All Nipon Airways di urutan ke-3, serta urutan selanjutnya dirajai oleh maskapai milik Asia, salah satunya maskapai penerbangan kebanggan Indonesia, Garuda Indonesia di peringkat ke-6.

Indikator yang digunakan Skytrax untuk menilai tingkat kebersihan maskapai adalah dengan melakukan tes bakteri pada bagian kabin dan toilet. Selain itu mereka juga melakukan survey terhadap 18 juta penumpang dari 245 maskapai penerbangan yang ada di dunia. Penumpang diminta menilai standar dan kualitas kebersihan kabin pesawat pada maskapai yang mereka gunakanan, seperti pada bagian kursi, meja, karpet, panel kabin, dan kamar mandi.

Maskapai penerbangan terbersih di dunia

Menariknya, Emirates Airlines yang berbasis di Dubai, tidak masuk daftar sepuluh terbaik dalam penghargaan tahunan ini. Mengingat di kabin Emirates pernah ditemukan perangkap hewan yang menyebabkan penerbangan dibatalkan. "Teknisi dan kebersihkan tim sedang bekerja untuk membersihkan pesawat. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," ujar salah seorang juru bicara Emirates seperti yang dilansir dailymail, Rabu (24/6/2015).

Berikut daftar 10 terbaik, maskapai penerbangan terbersih di dunia, versi Skytrax World Airline 2015. (Mit/Ibo)

1. EVA Air (Taiwan)

2. Singapore Airlines (Singapura)

3. ANA All Nippon Airways (Jepang)

4. Cathay Pacific (Hongkong)

5. Asiana Airlines (Korea)

6. Garuda Indonesia (Indonesia)

7. Japan Airlines (Jepang)

8. Hainan Airlines (China)

9. Korean Air (Korea)

10.Hong Kong Airlines (Hongkong)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya