Studi: Wisatawan Global Lebih Suka Kuliner Pinggir Jalan Saat Traveling

Hampir setengah dari pelancong global (49 persen) masih gemar mencari kuliner lokal saat mereka traveling.

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 08 Jun 2018, 07:30 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2018, 07:30 WIB
Mencicipi kuliner berbagai penjuru dunia
Berikut keseruan festival kuliner Jakarta Street Food Festival 2017 yang menyuguhkan jajanan dari berbagai penjuru dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner menjadi pertimbangan banyak orang saat memilih destinasi wisata. Data layanan perjalanan Booking.com pernah mengungkap, 6 dari 10 wisatawan mengatakan, mereka memilih destinasi wisata atas dasar makanan dan minuman yang nikmat. Sehingga tak dapat dipungkiri sekitar 40 persen pelancong milenial berencana melakukan wisata khusus kuliner di 2018.

Hampir setengah dari pelancong global (49 persen) masih gemar mencari kuliner lokal saat mereka traveling. Salah satu cara yang mereka gunakan dengan mencicipi kelezatan lokal saat berpergian. Faktanya sekitar 64 persen wisatawan global akan mencoba untuk mencicip kuliner lokal lebih banyak pada 2018.

Melalui ulasan jutaan penggunanya, Booking.com juga telah merinci beragam destinasi wisata dengan kuliner terbaik yang paling banyak dicari traveler. Di kawasan Asia Tenggara misalnya, makanan lezat regional seperti din sum, mie dan pho masih banyak diulas traveler. Namun demikian, sekitar 57 persen traveler Asia mengonfirmasi bahwa mereka mencari masakan baru untuk dicoba saat traveling.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


11 Destinasi Paling Dicari

[Bintang] Korea Selatan
Street food di Seoul, Korea Selatan. (Instagram/justanopenbook)

Menurut Booking.com ada sekitar 11 destinasi wisata lokal Asia yang paling banyak diulas karena kulinernya, antara lain Ipoh Malaysia, Kaohsiung Taiwan, Nagoya Jepang, Johor Bahru Malaysia, Joao Pessoa Brasil, Ho Chi Minh City Vietnam, Sarajevo Bosnia Herzegovina, Colmar Prancis, Lima Peru, Catania Italia, dan Belgrade Serbia.

Sementara itu, sekitar 51 persen wisatawan global cenderung mencari street food markets, yang memang merupakan cara terbaik untuk mencoba langsung makanan lokal. Sedangkan 54 persen pengguna Booking.com lebih ingin merasakan sensasi wisata kuliner dengan mengunjungi food truck. Untuk street food, lima daerah yang paling banyak dicari adalah Jeonju Korea Selatan, Hsinchu City Taiwan, Marrakech Maroko, New York maerika, Kota Meksiko. Sedangkan untuk destinasi food truck teratas masih dipegang Portland Amerika Serika, Sao Paulo Brasil, Seoul Korea Selatan, Bangkok Thailand, dan Istanbul Turki.

 


Kuliner Punya Peran Penting

Mencicipi kuliner berbagai penjuru dunia
Berikut keseruan festival kuliner Jakarta Street Food Festival 2017 yang menyuguhkan jajanan dari berbagai penjuru dunia.

Terkait temuan ini, Pepijn Rijvers, Senior Vice President dan Chief Marketing Officer Booking.com mengatakan, kuliner memang punya peran penting bagi traveler dalam memilih perjalanan, terutama dalam keseluruhan pengalaman wisata.

“Mencoba makanan lokal atau street food adalah cara terbaik bagi wisatawan untuk merasakan budaya lokal sebenarnya, dan tenggelam dalam budaya setempat, sehingga mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda,” ungkap Pepijn.

Lebih juah dirinya menuturkan, dengan menggunakan referensi dari ulasan para pengguna Booking.com, traveler bisa dengan mudah mengidentifikasi beragam tempat terbaik destinasi wisata dengan kenikmatan kulinernya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya