Maskot Asian Games 2018 dan 5 Mainan Lainnya yang Berharga Fantastis di Toys and Comic Fair 2020

Ada yang bisa menebak berapa harga maskot Asian Games 2018 yang dijadikan koleksi mainan itu?

oleh Asnida Riani diperbarui 02 Mar 2020, 02:03 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2020, 02:03 WIB
Maskot Asian Games 2018.
Maskot Asian Games 2018. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta - Jika sudah hobi, apa pun akan dilakukan, termasuk harus membayar dengan harga yang fantastis, seperti mengoleksi mainan. Demi mendapatkan barang yang digemari, para kolektor rela merogoh uang saku hingga puluhan juta rupiah.

Dalam acara The Toys and Comics Fair 2020 di Balai Kartini pada 29 Februari-- 1 Maret 2020, banyak kolektor dan penjual yang membawa beberapa koleksi mainan dengan jumlah terbatas dan harga yang terbilang tinggi. Meskipun begitu, banyak pula pengunjung yang antusias mendapatkannya.

Mainan apa saja sih yang dijual dengan harga selangit di The Toys and Comics Fair 2020? Berikut beberapa di antaranya.

1. Maskot Asian Games 2018

Pergelaran Asian Games ke-18 di Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang menjadi perhelatan olahraga yang terbilang sukses. Pekan olahraga tersebut dimanfaatkan oleh para pengusaha seperti Royal Selangor dengan menjual pernak-pernik Asian Games 2018.

Di deretan koleksi Royal Selangor pada The Toys and Comics Fair 2020 ada satu benda kecil berkilau yang dipatok dengan harga Rp9.850.000. Ialah maskot Asian Games 2018 yang terdiri dari Bhin-bhin, Atung, dan Kaka.

Jumlah produksi untuk maskot tersebut hanya sembilan buah dan koleksi terakhirnya ialah yang dibawa Royal Selangor dalam pameran The Toys and Comics Fair 2020 tersebut. Maskot ini diketahui terbuat dari bahan gold flated 24 karat yang dipadukan dengan timah dan memiliki ketebalan 0,5 mikron.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


2. Action Figure Tentara

Action Figure Tentara.
Action Figure Tentara. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Lebih masuk ke area pameran, tepatnya berada di pojok kiri dari pintu masuk terpampang koleksi action figure yang dipajang dalam etalase milik Juraganmainan.com. Di antara semuanya, ada dua yang menarik, yaitu miniatur tentara.

Kedua miniatur tersebut masuk dalam koleksi Green Wolf Gear bernama Galgatac Urban Rider dan Devtac Ronin. Layaknya tentara sungguhan, action figure tersebut pun dilengkapi dengan peralatan tentara yang bisa dibilang cukup lengkap, seperti pistol, pelindung badan dari peluru, helm, dan jam tangan.

Pembuat miniatur berukuran seperenem tersebut memang merupakan seorang komandan tentara di Inggris. Ia menciptakan tentara mini itu dengan melihat contoh pada kehidupan nyatanya, sehingga bentuknya bisa sedemikian nyata. Harga yang dipatok untuk keduanya ialah Rp4,2 juta.


3. Games Console Seharga Rp10 Juta

Console.
Console. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Para gamers tentu tidak asing dengan console atau konsol. Meskipun kini mobile gaming lebih banyak digemari, konsol game tentu masih ada peminatnya. 

Game konsol ialah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Biasanya, media yang digunakan untuk permainannya ialah televisi dan komputer dan dilengkapi alat pengendali berupa joystick. 

Konsol yang tenar pada 1998 tersebut dibanderol dengan harga Rp10 juta. Harganya yang mahal disebabkan karena alat tersebut termasuk koleksi terbatas yang dikeluarkan saat perayaan ke-25 tahun The Legend of Zelda, yaitu sebuah serial permainan video fantasi tinggi yang dibuat oleh perancang permainan Jepang Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka.

 


4. Bearbrick Motif Abstrak

Bearbrick.
Bearbrick. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Bagi yang tidak mengerti akan seni mungkin akan menganggap Bearbrick tersebut biasa saja, namun berbeda dengan orang yang paham seni. Meskipun terlihat abstrak, penggemar seni tentu tahu bagaimana keindahannya. 

Boneka beruang bernama Bearbrick tersebut merupakan salah satu koleksi dari Polio House. Terbuat dari bahan plastik PVC benda tersebut dijual dengan harga Rp15 juta. 

Bearbrick sendiri ialah buatan Jecksen Polok yang merupakan seniman berkebangsaan Amerika Serikat. Meskipun pembuatnya asli Amerika, benda ini banyak diperjualbelikan di Jepang. 

 


5. Iron Man

Iron Man.
Iron Man. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Siapa yang tak kenal dengan sosok Iron Man? Tokoh hero yang dalam jajaran serial Marvel ini tentu banyak digemari, baik di kalangan muda maupun tua. 

Dalam deretan koleksi Multi Toys, action figure Iron Man menjadi salah satu yang dipatok dengan harga tinggo, yaitu mencapai Rp10 juta. Iron Man tersebut memiliki keistimewaan yaitu dapat dimodifikasi sehingga memiliki bentuk yang berbeda. 

Contohnya, satu berbentuk robot dan satu lagi menampilkan sosok Iron Man yang sedang terbang. Koleksi tersebut diberi nama Iron Man Mark VII. 

 


6. Batman Samurai

Batman Samurai.
Batman Samurai. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Koleksi milik Royal Selangor ini memiliki harga paling tinggi di antara lainnya. Meskipun mungil, action figure yang berbentuk Batman Samurai tersebut memiliki harga Rp19 juta.

Menurut pihak Royal Selangor, action figure ini bentuknya mirip dengan yang dikeluarkan oleh SM Studio yang diberi nama SM Samurai. Bedanya, milik SM Studi memiliki warna, tidak hanya silver seperti milik Royal Selangor. 

Seperti tokoh Batman sesungguhnya, action figure ini dilengkapi dengan jubah yang terkembang dan samurai di tangannya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya