Cara Bersihkan Ikan Tongkol agar Tidak Bikin Gatal di Mulut

Pengetahuan cara membersihkan ikan tongkol agar tidak bikin gatal di mulut sangat berguna. Apalagi untuk Anda yang anggota keluarganya sangat suka mengonsumsi ikan tongkol sebagai menu di meja makan.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 26 Jul 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 05:00 WIB
3 Kreasi Resep Berbahan Ikan Tongkol, Praktis Disajikan untuk Menu Buka Puasa
Tongkol Cabe Ijo. (dok. Cookpad @cook_ninda)

Liputan6.com, Jakarta - Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan favorit yang tinggi kandungan gizinya. Sayangnya, cara bersihkan ikan tongkol yang kurang tepat bisa membuatnya terasa gatal saat dikonsumsi.

Pengetahuan cara membersihkan ikan tongkol agar tidak bikin gatal di mulut sangat berguna. Apalagi untuk Anda yang anggota keluarganya sangat suka mengonsumsi ikan tongkol sebagai menu di meja makan.

Mengutip dari laman berbagi masakan, Cookpad, Jumat (26/7/2024), seorang pengguna dengan akun @professionalhomecook memberikan kiatnya. Pertama menurutnya, pastikan pilih tongkol yang segar karena semakin segar akan menggurangi gatal.

"Buang kepala tongkol dan bersihkan tongkol dari kotoran dan ambil semua durinya, agar lebih gampang gunakan pinset khusus ikan," tulisnya lagi. 

Potong ikan sesuai ukuran yang diinginkan saat akan dimasak. Marinasi bergaram, menurutnya juga sangat membantu mengurangi gatal dari tongkol.

"Campurkan garam, kecap asin, mirin, dan sake. Lalu marinasi ikan selama semalaman. Setelah marinasi, sear pan ikan di teflon setengah matang," sambungnya saat berbagi.

Ternyata cara ini juga dilakukan oleh ibu-ibu lainnya agar tongkol tidak gatal. Seperti yang diungkapkan seorang pengguna di platform berbagi Lemon8 dengan akun @drDhonyh. 

Ia menulis sebagai orang yang pernah tinggal di wilayah pesisir dan sering mengolah ikan. Ikan tongkol terasa gatal, karena saat menyianginya bagian perutnya kurang bersih. Apalagi ikan tongkol dan ikan kembung termasuk jenis yang rawan membuat alergi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apakah Ikan Tongkol Harus Direbus Dulu?

Resep Ikan Tongkol Goreng
Resep Ikan Tongkol Goreng/copyright By SAM THOMAS A from Shutterstock

Ikan tongkol atau dikenal sebagai little tuna, kawakawa dan memiliki nama ilmiah Euthynnus affinis. Kalau Anda merasa ikan tongkol serupa dengan ikan tuna dan ikan makarel, hal ini lantaran mereka tergabung dalam keluarga yang sama, yaitu Scombridae.

Ikan tongkol dapat ditemukan di seluruh perairan yang hangat di Laut Arab, Indo-Pasifik bagian barat, termasuk pulau dan kepulauan samudra. Ikan tongkol biasanya hidup di air dengan suhu 18 hingga 29°C.

Dilansir dari salah satu jurnal pada Taylor & Francis yang ditulis Quratulan Ahmed dkk, salah satu manfaat ikan tongkol atau little tuna yaitu memiliki banyak kandungan kimia yang penting bagi kehidupan manusia dalam konsentrasi rendah. Akan tetapi, bisa  berisiko menjadi racun dalam takaran atau konsentrasi tinggi.

Adapun selain cara bersihkan ikan tongkol agar tidak gatal di mulut, banyak pula yang menanyakan apakah ikan tongkol harus direbus dulu? Jawabannya tidak, karena asalkan ikan dibersihkan dengan benar dan dimarinasi terlebih dulu, tidak akan gatal.


Manfaat dan Gizi Ikan Tongkol

Ilustrasi Ikan Tongkol
Ilustrasi Ikan Tongkol (Photo by pasja1000 on Pixabay)

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 3 November 2022, di Indonesia, ikan tongkol jadi salah satu jenis ikan yang banyak dan sering dikonsumsi oleh masyarakat. Tak cuma karena harganya yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan, manfaat ikan tongkol pun dianggap tidak berbeda dengan ikan pada umumnya.

Dilansir dari jurnal milik Beybi Deslianti dkk pada tahun 2016, ikan tongkol memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Tongkol mengandung protein sekitar 22,6-26,2 g/ 100 g daging, lemak antara 0,2-2,7 g/100 g daging.

Tongkol juga mengandung beberapa mineral (seperti kalsium, fosfor, besi, sodium), vitamin A (retinol) serta kandungan vitamin B (thiamin, riboflavin dan niasin). Selain itu, terdapat pula natrium, niacin, selenium hingga magnesium. Dengan potensi tersebut, sayangnya belum diimbangi dengan penelitian yang optimal terkait dengan manfaat ikan tongkol untuk kesehatan secara lebih lanjut.

Ikan tongkol merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein, tetapi tetap rendah kalori. Sehingga manfaat ikan tongkol yang selanjutnya berkaitan dengan penurunan berat badan.


Tongkol Sumber Protein Rendah Kalori

Gulai Krecek Rebung dan Ikan Tongkol
Gulai Krecek Rebung dan Ikan Tongkol. (dok. Cookpad/@Rianafathqueen28)

Tak hanya tuna, Anda juga bisa menambahkan ikan tongkol sebagai sumber protein yang rendah kalori pada menu diet Anda. Di samping itu, ikan tongkol juga dapat berperan menurunkan ghrelin.

Ghrelin adalah hormon yang bekerja untuk merangsang Anda agar memakan karbohidrat. Protein yang tinggi pada ikan tongkol akan membuat Anda kenyang lebih lama. 

Kandungan protein yang tinggi pada ikan tongkol menyebabkan ikan tongkol dapat menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein Anda. Ini penting karena protein pada tubuh bekerja untuk memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya, termasuk otot.

Sementara kekurangan protein dapat  menyebabkan kekebalan tubuh terganggu. Oleh sebab itu, penting agar memenuhi kebutuhan protein Anda dan ikan tongkol dapat menjadi salah satu pilihannya. 

Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia
Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya