Pasien yang Diduga Terjangkit Virus MERS di Surabaya Bertambah

Pasien mengaku mengalami demam tinggi dan sesak napas seusai menunaikan ibadah umrah.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Mei 2014, 04:58 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2014, 04:58 WIB
Suntik Vaksin
Vaksin

Liputan6.com, Surabaya - Setelah menunjukkan tanda-tanda sebagai suspect virus MERS, pasien bernama Mudjijanah asal Lamongan, Jawa Timur, Senin 12 Mei siang dirujuk ke RSUD Dokter Soetomo, Surabaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (13/5/2014), indikasi ini menguat setelah melihat riwayat sakit yang diderita pasien pensiunan PNS tersebut.

Pasien mengaku mengalami demam tinggi dan sesak napas seusai menunaikan ibadah umrah. Apa yang dialaminya tersebut mirip dengan gejala virus MERS.

Mudjijanah merupakan pasien kedua yang dirawat di RSUD Dokter Soetomo, Surabaya. Sebelumnya Walipah warga Surabaya juga menjadi suspect virus Middle East Respiratory Syndrom atau MERS

Sementara itu, akibat merebaknya wabah MERS, sejumlah calon jemaah umrah di Jombang, Jawa Timur menunda keberangkatan. Jumlah tersebut mencapai angka 10% dari keseluruhan calon jemaah.

Kendati banyak calon jemaah yang menunda keberangkatan, penyelenggara tetap akan memberangkatkan mereka. Namun lebih dulu akan dipastikan kesehatan mereka.

Kantor Kementerian Agama di Jombang juga akan turun tangan untuk menjelaskan wabah MERS serta memantau kesehatan jemaah sepulang dari Tanah Suci. (Ado)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya