Jokowi: Ndak Apa-apa Kalah Main Bola, Yang Penting 1 Gol

Kendati, menurut Jokowi, dalam pertadingan perayaan HUT RI itu yang terpenting bukanlah kalah maupun menang.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 17 Agu 2014, 21:37 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2014, 21:37 WIB
Jokowi bermain bola
Jokowi Bermain Bola (Liputan6.com\Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Demi meramaikan peringatan HUT ke-69 Republik Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang lebih dikenal Jokowi itu, mengikuti pertandingan sepak bola dengan sejumlah artis di lapangan sepak bola Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Dalam pertadingan tersebut, tim Selebriti Hitam FC yang diikuti Jokowi berhasil memenangkan pertandingan. Pada menit-menit awal pertandingan, Jokowi mencetak gol melalui tendangan pinalti. Apa kata Jokowi usai mencetak gol tersebut?

"Yah, kalau begitu (cetak gol melalui titik pinalti), 10 kali juga gol terus," kelakar Jokowi usai bertanding sepak bola, Pluit, Jakarta Utara, Minggu, (17/8/2014).

Terkait aksinya yang sempat menjegal lawan hingga terjatuh, Jokowi mengaku terpaksa menjegal lawannya, yaitu dari tim Selebriti Hijau FC. Sebab pemain lawan menghalangi langkahnya mencetak gol.

"‎Ya gimana? Dia lewat depan saya, saya tendang kakinya, gitu saja," ucap dia sambil tertawa.

Kendati, menurut Jokowi, dalam pertadingan perayaan HUT RI itu yang terpenting bukanlah kalah maupun menang. Namun kekompakkan dan kebahagian dalam merayakan kemerdekaan Indonesia, yang telah diraih selama 69 tahun.

Jokowi pun mengaku tak masalah tim yang dibelanya dalam permainan tersebut menjadi pemenang atau pun tidak. Yang penting dirinya dapat menghibur masyarakat sekitar Waduk Pluit.

"‎‎Yang penting main, kalah ndak apa-apa, yang penting main. Tapi kan dapat pinalti 1," ucap dia kembali tertawa.

Pantauan Liputan6.com, presiden terpilih 2014-2019 itu bermain sepak bola bersama beberapa artis yang selama ini dikenal hobi sepak bola. Di antaranya Judika, Darius Sinatria, Valentino Jebret, Gusti Randa, dan Ibnu Jamil.

Dalam pertadingan itu, Jokowi satu tim dengan Judika dan Darius. Tim mereka dinamakan Selebriti Hitam FC. Sedangkan lawannya yaitu Selebriti Hijau FC beranggotakan antara lain Gusti Randa, Ibnu Jamil, dan Ugie.

Sebelum mulai bertanding, Jokowi yang mengenakan seragam hitam itu lebih dulu lari-lari kecil sebagai pemanasan, sambil menyalami warga yang menonton pertandingan. Warga tampak antusias dan meneriaki Jokowi yang mengenakan kostum lengkap layaknya pemain sepak bola profesional.

Priiiit...! Peluit tanda permainan dimulai. Jokowi yang mengambil posisi sebagai penyerang bersama Darius pun mengawali permainan. Pada menit-menit awal, Jokowi yang sempat menerima umpan dari Darius sempat mengutak-atik bola hingga ke gawang lawan. Namun sayang, tendangannya melebar ke sisi kanan gawang.

Pada menit kedua permainan, Darius yang hendak menjebloskan bola ke gawang lawan dijegal salah seorang pemain Selebriti Hijau FC. Wasit pun menguhukum tim tersebut dengan menunjuk titik putih pinalti. Dar‎ius dan Judika pun meminta agar Jokowi yang menjadi algojo penalti.

Mengambil ancang-ancang menendang, Jokowi langsung menendang bola ke sisi kiri gawang dan goool...! Tercetak 1 gol untuk tim Jokowi. Usai mencetak gol, para artis tersebut saling berpelukan. Tak lupa mereka berfoto selfie dengan Jokowi.

Sambil tertawa, mantan Walikota Solo itu melayani para artis yang meminta foto bersama di dalam lapangan. Aksi para artis itu pun mengundang decak tawa para penonton.

Pada menit yang lain, setelah sempat menerima beberapa umpan, Jokowi sempat menjatuhkan salah seorang pemain yang mencoba merebut bola dari dia. Namun aksi itu kembali mengundang tawa para penonton lantaran direspon sambil guyonan.

Setelah sempat beberapa kali mendapatkan umpan, pada menit kelima, Jokowi keluar lapangan, digantikan pemain lain. Dengan berlari kecil, dia langsung telentang setelah tiba di pinggir lapangan. Nafasnya terengah-engah.

‎"Ya, kan lama sekali nggak latihan, nggak pernah jogging dan sepedahan," ujar Jokowi.

Baca juga: ‎

Usai Cetak Gol di Waduk Pluit, Jokowi Langsung Berselfie-ria

Saat Jokowi Main Bola Bareng Artis dan Warga di Perayaan HUT RI

Ikuti Lomba Sepakbola di Waduk Pluit, Jokowi Bikin Gol

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya