Ketua MPR: Hadapi MEA, Indonesia Jangan Terus Jadi Penonton

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak rakyat untuk belajar ilmu ekonomi dan politik.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 22 Mei 2016, 03:02 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2016, 03:02 WIB
zulkifli hasan
Ketua MPR Zulkifli Hasan di SMA Kebangsaan, Kalianda, Lampung Selatan, Minggu (15/5/2016). (Liputan6.com/Audrey Santoso)

Liputan6.com, Nganjuk - Ketua MPRZulkifli Hasan mengajak masyarakat Nganjuk, Jawa Timur untuk belajar dan terus menuntut ilmu tanpa lelah. Di antaranya belajar ilmu ekonomi dan ilmu politik agar sumber daya manusia semakin maju sekaligus memenangkan persaingan dengan bangsa lain.

Penguasaan terhadap bidang ekonomi dan politik, menurut Zulkifli sangat penting di era pasar bebas seperti sekarang. Pasalnya dalam pasar bebas segalanya ditentukan oleh kekuatan.

"Menguasai sektor ekonomi artinya menguasai sebagian kekuatan. Dan untuk mencapainya kita mesti belajar dengan sungguh-sungguh", kata Zulkifli saat berkunjung di Pondok Pesantren Ar Raudhotul Ilmiyah Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (21/5/2016).

 

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menambahkan, umat Islam yang harus menjadi penguasa dalam sektor ekonomi. "Jangan sampai terus-menerus menjadi penonton," ujar dia.

Mantan Menteri Kehutanan itu juga mengajak warga Nganjuk untuk terus belajar berwirausaha. Masyarakat harus bisa menjadi pengusaha, untuk mengoptimalkan potensi daerahnya yang belum tergali.

"Masing-masing daerah harus memaksimalkan budayanya. Ciri-cirinya dipertahankan. Ekonomi tradisional daerah ditingkatkan. Itu semua sumber budaya nasional kita. Sumber inspirasi dan kreativitas. Kalau dimatikan maka perpecahan yang terjadi," ucap Zulhas.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya