KPK Harap Jerat Korporasi terkait Korupsi Selesai Akhir Tahun

Selama ini, KPK tidak bisa menjerat korporasi karena terbentur ketiadaan aturan.

oleh Oscar Ferri diperbarui 17 Okt 2016, 18:38 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2016, 18:38 WIB
Logo KPK
KPK

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Peraturan Mahkamah Agung (perma) mengenai jerat hukum untuk korporasi yang terlibat korupsi dapat rampung akhir 2016. Sebab, selama ini, KPK tidak bisa menjerat korporasi karena terbentur ketiadaan aturan.

"Ya mudah-mudahan sebelum akhir tahun ini sudah ada, karena terkait hukum acara nanti (di persidangan)," ujar Wakil Ketua KPK, Alexander Marawata, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Dia mengatakan, ketika perma disahkan, KPK sudah bisa menjerat korporasi. Sehingga, bukan cuma individu pelaku korupsi atau suap yang bisa ditindak di masa mendatang. Dia juga berharap kebijakan tersebut bisa menimbulkan efek jera agar korporasi tidak melakukan tindak pidana korupsi.

"Sebetulnya memang nanti seperti kita bilang, kalau memidanakan korporasi, itu pasti akan lebih timbulkan efek jera. Jadi tidak cuma pelakunya atau penyuap kita tindak. Tetapi ketika pengurus korporasi itu bertindak atas nama korporasi, korporasi juga harus tanggung jawab," ucap Alex.

Sejauh ini, lanjut dia, sejumlah stakeholder terkait masih melakukan kajian untuk penyempurnaan perma tindak pidana korupsi oleh korporasi tersebut. Termasuk meminta masukan dari pihak-pihak terkait lainnya.

"Ya sedang kita semurnakan. Masih ada masukan dari beberapa pihak," ujar Alex.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya