Jaga Rumah Kosong Saat Natal, Polisi Berdayakan Pengamanan Lokal

Argo pun mengimbau bagi warga yang berpergian agar setidaknya lebih dulu melapor kepada petugas keamanan yang berada di lingkungannya.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 26 Des 2016, 06:41 WIB
Diterbitkan 26 Des 2016, 06:41 WIB
Rumah yang menjadi lokasi pencurian dan penembakan di Tebet, Jakarta Selatan.
Rumah yang menjadi lokasi pencurian dan penembakan di Tebet, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Winda Priscillia)

Liputan6.com, Jakarta Pencegahan terhadap kejahatan konvensional menjadi salah satu fokus Polda ‎Metro Jaya saat libur panjang Natal dan Tahun Baru 2017. Salah satunya yakni mengamankan rumah kosong yang ditinggal penghuninya mudik dari pelaku pencurian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan petugas keamanan lokal untuk mengamankan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya berlibur.

"Jadi kita memberdayakan pengamanan lokal, misalnya satpam atau siskamling di kampung-kampung," ujar Argo saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (25/12/2016).

Tak hanya itu, pihaknya juga akan berpatroli di perkampungan dengan melibatkan Bhabinkamtibmas Polri, Babinsa TNI, dan lurah setempat. Tiga pilar itu yang akan memberikan penyuluhan kepada warga untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan saat libur Natal dan tahun baru.

"Tiga pilar ini nanti yang akan memberikan penyuluhan bagi warga yang rumahnya ditinggalkan agar dititipkan ke tetangganya atau ke satpam," tutur dia.

Argo pun mengimbau bagi warga yang berpergian agar setidaknya lebih dulu melapor kepada petugas keamanan yang berada di lingkungannya. Sehingga, rumah tersebut akan mendapatkan perhatian lebih.

"Misalnya, Pak saya mau mudik tolong nitip rumah saya. Miminal ada omangan kayak gitu ke satpam maupun bhabinkamtibmas atau ke Pak RT dan Pak RW," kata Argo.

Kendati begitu, pihaknya juga akan mengerahkan jajaran Polda Metro Jaya untuk berpatroli keliling permukiman warga. ‎Para petugas akan berdialog langsung dengan warga setempat.

"Kemudian kita juga ada patroli-patroli Polda, patroli dialogis. Patroli dialogis itu ya petugas kepolisian berhenti terus mengobrol," pungkas Argo.

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya