Jokowi Kalungkan Bintang Kehormatan Adipurna pada Raja Salman

Jokowi menyematkan langsung Bintang Adipurna kepada Raja Salman. Penganugerahan dimulai dengan memberikan selempang jingga.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 01 Mar 2017, 17:35 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2017, 17:35 WIB
Raja Salman
Raja Salman

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanugerahkan bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Penganugerahan ini merupakan bintang penghormatan tertinggi yang dimiliki Indonesia.

Jokowi menyematkan langsung Bintang Adipurna kepada Raja Salman. Penganugerahan dimulai dengan memberikan selempang jingga disusul mengalungkan Bintang Adipurna pada Raja Salman.

Usai itu, keduanya kembali bersalaman dan cium pipi kanan kiri. Penganugerahan bintang Adipura merupakan kegiatan terakhir Raja Salman di Istana Bogor.

Penyerahan tanda kehormatan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22/TK/Tahun 2017. Mengutip keterangan tertulis Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Laksma TNI Suyono Thamrin, tanda kehormatan tersebut diberikan sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang sangat luar biasa di berbagai bidang yang sangat berguna bagi kelangsungan hubungan baik kedua bangsa dan negara.

Selain itu, pemberian tanda kehormatan tertinggi kepada Raja Salman juga mempertimbangkan kesetaraan hubungan timbal balik kenegaraan di mana sebelumnya Presiden Joko Widodo juga menerima tanda kehormatan serupa (Star of the Order of King Abdul Aziz Al-Saud Medal) di Istana Al-Salam Diwan Malaki, Jeddah, 12 September 2015.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya