Anggota Komisi III: Jaga Citra Asian Games, Tindak Tegas Pembakar Hutan

Ia juga meminta masyarakat setempat untuk sadar dan mendukung penuh pelaksanaan Asian Games

oleh Muhammad Ali diperbarui 07 Agu 2018, 06:09 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2018, 06:09 WIB
20151027-Begini Penampakan Kabut Asap di Kalimantan Timur
Asap mengepul dari sejumlah titik api yang membakar hutan di wilayah Kalimantan Timur, Selasa (27/10). Kabut asap yang menyelimuti Kalimantan mulai berkurang dikarenakan beberapa wilayah sumber asap telah turun hujan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendorong Polri menindak tegas pelaku pembakaran hutan yang akan mengakibatkan terganggunya pelaksanaan Asian Games di Palembang Agustus ini.

Sahroni menuturkan, selama ini kabut asap menjadi momok tersendiri bagi Indonesa, khususnya di sejumlah pulau seperti Kalimantan dan Sumatera, termasuk Sumatera Selatan.

Di samping peran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan jajarannya untuk mensosialisasikan bahaya kebakaran ladang dan hutan serta memberikan sanksi bagi perusahaan yang kedapatan sengaja melakukan pembakaran, aspek penegakan hukum dipandang Sahroni sangat vital.

"Pemberian sanksi pidana secara tegas terhadap pelaku pembakaran ladang dan hutan harus dilakukan oleh Polri, terlebih dengan adanya pelaksanaan Asian games. Event ini sekaligus pertaruhan Indonesia di mata internasional," kata Sahroni dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Ia juga meminta masyarakat setempat untuk sadar dan mendukung penuh pelaksanaan Asian Games. Satu di antaranya dengan melapor ke Satgas Kahutla apabila melihat adanya aktivitas pembakaran hutan atau menemukan titik api

"Ayo kita dukung pelaksanaan Asian Games di Indonesia. Buktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah dengan mewujudkan Indonesia bebas asap," sambung politisi partau NasDem ini.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya menyebut tim Satgas Gakkum akan menindak tegas setiap pelaku pembakaran lahan. Dia meminta kapolda dan kapolres dapat bertindak tegas atas kejahatan ini.

Ia menekankan telah memberikan instruksi kepada kapolda dan kapolres untuk menangkap pelaku pembakaran lahan dan memprosesnya sesuai aturan berlaku untuk memberikan efek jera.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya