BMKG: 27 Kali Gempa Susulan Terjadi di Mamberamo Papua

Lindu berkekuatan magnitudo 6,1 sempat menggoyang kawasan Mamberamo dan sekitarnya pada pukul 08.05 WIB.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 24 Jun 2019, 14:21 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2019, 14:21 WIB
Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Memberamo, Papua digoyang gempa bumi sejak pagi. Lindu berkekuatan magnitudo 6,1 itu sempat menggoyang kawasan Mamberamo dan sekitarnya pada pukul 08.05 WIB.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, hingga pukul 13.00 WIB, total sudah ada 27 kali gempa susulan yang terjadi di kawasan tersebut.

"Hingga pukul 13.00 WIB, hasil monitoring BMKG sudah menunjukkan terjadi 27 kali aktivitas gempa bumi susulan," ucap Dwikorita di kantornya, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Kekuatan gempa susulan itu, masih kata dia, hanya berkisar magnitudo 2,9 sampai 5,5. "Artinya semakin melemah," kata Dwikorita.

Dia menuturkan, gempa yang terjadi di Mamberamo, Papua termasuk kategori gempa dangkal. Sehingga lindu tersebut tidak memicu terjadinya tsunami.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi jenis dangkal akibat aktivitas sesar (patahan) lokal," jelas Dwikorita.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:


Tetap Tenang

DPR Minta Penjelasan Pemerintah Terkait Jatuhnya Lion Air PK-LQP
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat rapat kerja (raker) dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11). Rapat membahas berbagai hal mengenai jatuhnya Lion Air PK-LQP. (Liputan6.com/JohanTallo)

Dwikorita mengimbau masyarakat tetap tenang menyikapi fenomena alam tersebut. Dia juga meminta masyarakat tidak termakan isu-isu yang tidak jelas.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya