Kemenkumham Gelar Drive Thru Rapid Test Deteksi Covid-19

Yasonna mengatakan, drive thru rapid test juga untuk mendukung program pemerintah melakukan tes secara massal bagi masyarakat untuk mendeteksi Covid-19.

oleh Mevi Linawati diperbarui 09 Jun 2020, 12:04 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2020, 12:03 WIB
Rapid Test
Paramedis Siloam Hospitals menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) mandiri COVID-19 secara drive thru di Akses Senayan Park Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Rapid Tes Covid -19 dibanderol seharga Rp 489.000, periode 17-30 April 2020 pukul 08.00-10.00 WIB. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengadakan "drive thru rapid test Covid-19" bagi masyarakat untuk mendeteksi dini penyebaran Covid-19. Tes tersebut digelar mulai Senin 8 Juni 2020 sampai Jumat 12 Juni 2020 di lapangan upacara Gedung Kemenkumham, Jakarta.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, acara itu dilakukan sebagai sarana untuk mendeteksi dini Covid-19 sehingga apabila ada yang terpapar segera memperoleh penanganan secara cepat dan tepat.

"Tentu saja sebagai screening awal. Rapid test (tes cepat) adalah pilihan yang sangat rasional untuk dilakukan sehingga apabila ditemukan hasilnya yang reaktif dapat dilanjutkan dengan swab test," ucap Yasonna dalam sambutannya di gedung Kemenkumham, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Dilansir dari Antara, dia mengatakan, tujuan drive thru rapid test tersebut juga untuk memudahkan masyarakat.

"Ini untuk memudahkan sambil kerja atau sambil mau jalan, masyarakat dapat datang untuk tes di sini dan jika seandainya, kita berdoa jangan sampai. Jika seandainya ada yang reaktif maka secepat itu juga kami meminta kirimkan yang bersangkutan ke lab untuk swab test," ucap Yasonna.

Untuk pelaksanaan swab test tersebut, juga disediakan mobil laboratorium milik Badan Intelijen Negara (BIN).

"Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kehadiran dari mobil lab swab test dari BIN. Kerja sama ini sangat baik sekali lagi kami sangat mengapresiasi, mohon disampaikan salam hormat kami kepada Kepala BIN yang telah membantu kami untuk melakukan program drive thru," kata Yasonna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Dukung program tes massal

DPR dan Menkumham
Menkumham Yasonna Laoly mengikuti Rapat Kerja dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (16/1/2020). Rapat membahas 50 rancangan undang-undang (RUU) yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, kata Yasonna, drive thru rapid test juga untuk mendukung program pemerintah melakukan tes secara massal bagi masyarakat untuk mendeteksi Covid-19.

"Bapak Presiden telah menginstruksikan Gugus Tugas dan seluruh jajaran agar kita mampu melakukan tes sebanyak 20 ribu dalam satu hari. Bahkan dalam rapat yang lalu, Presiden menaikkan target supaya kita mampu untuk sampai 30 ribu per hari," ucap Yasonna.

Dalam kesempatan itu, Yasonna pun sempat meninjau dan bertanya kepada seorang pengendara motor yang tengah mengikuti tes cepat tersebut.

"Bagaimana kesannya pak?" tanya Yasonna.

"Simpel, tidak ribet pak," jawab pengendara motor tersebut.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya