Jokowi Apresiasi Kepala Daerah yang Berhasil Tekan Kasus Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa saat ini kasus positif virus corona (Covid-19) di sejumlah daerah masih meningkat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 24 Jun 2020, 12:14 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2020, 12:14 WIB
Jokowi Pimpin Rapat Terbatas
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa saat ini kasus positif virus corona (Covid-19) di sejumlah daerah masih meningkat. Di sisi lain, Jokowi juga mengapresiasi kepala daerah yang berhasil menekan angka penyebaran virus corona di wilayahnya.

"Saya sangat apresiasi Gubernur, Bupati, Wali Kota, Satuan Gugus Tugas di daerah yang telah berhasil menekan kasus di daerahnya, menekan angka kematian di daerahnya," kata Jokowi melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dia mengatakan pemerintah telah memiliki sistem informasi terintegrasi yang dinamai 'Bersatu Lawan Covid-19'. Melalui sistem ini, pemerintah dapat mengetahui data-data serta daerah-daerah rawan penyebaran virus corona.

"Dengan sistem ini juga kita bisa mengetahui berapa kabupaten, kota, provinsi, yang berubah statusnya dari hijau menjadi kuning, dari hijau menjadi oranye, dari hijau menjadi merah," jelasnya.

Jokowi memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil pemerintah dalam menangani Covid-19 selalu berdasarkan data-data sains. Selain itu, dia menyebut pemerintah juga selalu meminta saran kepada para pakar dan ahli sehingga tak salah dalam mengambil keputusan.

"Dengan sistem informasi yang terintegrasi tadi, kita memiliki data-data dan setiap kebijakan-kebijakan yang kita lakukan selalu berdasarkan pada data sains. Selalu juga meminta saran kepada para scientist, para ahli ilmu pengetahuan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Total Kasus di Indonesia Mencapai 47.896

Sebagai informasi, kasus positif corona di Indonesia saat ini sudah mencapai 47.896. Adapun total pasien yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 19.241 orang dan pasien meninggal dunia akibat virus corona yakni, 2.535 orang.

Berdasarkan laporan media harian COVID-19, tambahan kasus baru Corona di Jawa Timur mencapai 258 orang. Sehingga, total pasien positif Corona COVID-19 mencapai 10.115 orang.

Provinsi lainnya yang sumbang kasus corona baru terbanyak antara lain, DKI Jakarta 160 kasus dan Sulawesi Selatan mencatat 154 kasus. Kemudian, Sumatera Utara mencatat 117 kasus baru dan tiga sembuh serta Papua 55 kasus konfirmasi positif Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya