Jokowi Minta Menteri Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 di Eropa hingga Korsel

Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kembali mengingatkan seluruh kepala daerah daerah bekerja keras menangani pandemi Covid-19.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 24 Agu 2020, 13:04 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2020, 13:03 WIB
Jokowi Buka Raker Kementerian Perdagangan 2020
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti lonjakan kasus baru virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara seperti Spanyol, Prancis, hingga Korea Selatan. Menurut dia, Indonesia tetap harus mewaspadai lonjakan kasus di sejumlah negara tersebut.

"Ada peningkatan kasus yang sangat besar sekali di negara-negara terutama yang terakhir ini di Eropa, Spanyol, Prancis Jerman, juga di kawasan Asia (seperti) India, Filipina, Bangladesh, Iran, Korea Selatan, dan juga Nepal," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas dari Istana Merdeka Jakarta, Senin (24/8/2020).

"Saya baca kemarin perkembangan negara-negara lain itu juga perlu diwaspadai," sambung dia.

Jokowi meminta para jajaran menterinya mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 di negara-negara lain agar tidak kehilangan kendali terhadap penanganan virus di Tanah Air. Terlebih, terhadap manajemen penanganan Covid-19 di pusat dan daerah.

"Sehingga kita tidak kehilangan kendali atas manajemen yang ada dalam menangani utamanya di daerah dan kita di pusat," ujar Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Minta Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Tangani Covid-19

FOTO: Mendagri dan DPR Bahas Penanganan Pandemi COVID-19
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (24/6/2020). Rapat membahas pendahuluan RAPBN TA 2021, rencana kerja pemerintah, serta upaya dan kinerja pemerintah daerah dalam menangani pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Di samping itu, Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kembali mengingatkan seluruh kepala daerah daerah bekerja keras menangani pandemi Covid-19. Dia menekankan pentingnya strategi gas dan rem dalam mengatasi krisis akibat Covid-19.

"Mendagri mengingatkan kembali kepada satgas di daerah, gubernur, bupati, wali kota agar betul-betul serius dan bekerja keras dalam rangka penanganan Covid ini. Terutama dalam strategi menyeimbangkan antara gas dan rem untuk penanganan Covid dan ekonomi dengan takaran yang tepat," jelas Jokowi.

Jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Indonesia mengalami penambahan sebanyak 2.037 orang pada Minggu 23 Agustus 2020. Dengan begitu, total akumulatif 153.535 orang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya