Dokter di Surabaya Temukan 7 Bayi Positif Terlahir dari Ibu Pasien Covid-19

Mayoritas bayi positif Covid-19 yang ditemukan di Jawa Timur ini tidak menimbulkan gejala. Namun, pada kasus tertentu muncul gejala yang sangat berat.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Nov 2020, 13:48 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2020, 13:48 WIB
ilustrasi bayi
ilustrasi bayi (Photo by Peter Oslanec on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Dokter spesialis paru anak di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Retno Asih mengungkapkan menemukan tujuh bayi positif Covid-19. Bayi tersebut terlahir dari ibu yang positif Covid-19.

"Kami sudah mendapatkan tujuh bayi yang positif Covid-19 yang terlahir dari ibu yang terkonfirmasi Covid-19. Jadi cukup tinggi juga angkanya," katanya dalam diskusi virtual, Sabtu (14/11/2020).

Retno mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah bayi tersebut tertular Covid-19 saat dalam kandungan atau proses persalinan.

"Kalau dari ibu dan bayi memang tidak bisa disimpulkan secara jelas bagaimana risiko penularannya dari ibu hamil sehingga bisa mencegah anak dalam kandungan tidak positif Covid-19," ujarnya.

Mayoritas bayi positif Covid-19 yang ditemukan di Jawa Timur ini tidak menimbulkan gejala. Namun, pada kasus tertentu muncul gejala yang sangat berat.

"Apabila menimbulkan gejala pada umumnya lebih berat terkait dengan sistem imun bayi baru lahir yang sangat tidak bagus. Jadi gejala yang ditimbulkan bukan hanya gejala Covid-19 itu sendiri tapi dengan rangkaian kondisi lain," jelasnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Asupan ASI yang Baik

Bagi bayi positif Covid-19 tanpa gejala, lanjut Retno, penanganan yang paling tepat untuk diterapkan yakni isolasi di rumah. Selain itu, bayi tersebut harus mendapatkan asupan ASI yang baik.

Sementara pada bayi positif Covid-19 dengan gejala bisa ditangani melalui pengobatan. Seperti pemberian cairan, oksigen, vitamin dan antibiotika.

 

Reporter: Titin Supriatin/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya