BMKG: 28 Wilayah Diprediksi Hujan Lebat Sepekan Ini, 6 di Antaranya Berpotensi Banjir

Menurut analisis BMKG, kondisi atmosfer tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 27 Jan 2021, 17:43 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2021, 17:43 WIB
Ilustrasi Hujan Jakarta. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)
Ilustrasi Hujan Jakarta. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, 94 persen wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengungkap, Tanah Air mulai memasuki musim penghujan sejak Oktober 2020 dan diprakirakan mencapai puncaknya pada Januari dan Februari 2021.

"Terkait dengan puncak musim hujan, hal itu dipredeksi terjadi pada Januari dan Februari 2021 di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua," ujar Guswanto dalam keterangan tertulis BMKG, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Potensi cuaca ekstrem pun meningkat. 

Menurut analisis BMKG, lanjut dia, kondisi atmosfer tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, dia meminta kewaspadaan akan cuaca ekstrem harus ditingkatkan.

"Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia. Selain itu, munculnya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara mendorong terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia," rinci dia.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan dalam sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di 28 wilayah di Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Daftar Wilayah

Berikut rincian 28 wilayah tersebut:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Bengkulu

5. Sumatera Selatan

6. Lampung

7. Banten

8. DKI Jakarta

9. Jawa Barat

10. Jawa Tengah

11. DI Yogyakarta

12. Jawa Timur

13. Bali

14. Nusa Tenggara Barat

15. Nusa Tenggara Timur

16. Kalimantan Barat

17. Kalimantan Tengah

18. Kalimantan Timur

19. Kalimantan Utara

20. Sulawesi Utara

21. Gorontalo

22. Sulawesi Tengah

23. Sulawesi Selatan

24. Sulawesi Tenggara

25. Maluku

26. Maluku Utara

27. Papua Barat

28. Papua

Mengacu pada data di atas, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

 


6 Wilayah Berpotensi Banjir

BMKG juga mewanti, ada enam wilayah berstatus siaga terdampak banjir hingga banjir bandang dalam 2 hari ke depan, tanggal 28-29 Januari 2021. Berikut rincian wilayahnya:

1. Banten

2. DKI Jakarta

3. Jawa Barat

4. Jawa Tengah

5. Sulawesi Selatan

6. Papua Barat

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya