Upaya Jokowi Temui Para Ketum Partai Demi Jaga Stabilitas Politik Diapresiasi

Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa, mengapresiasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan para ketua umum partai demi menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Okt 2022, 18:01 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2022, 18:00 WIB
Pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batu Tulis
Pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batu Tulis. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa, mengapresiasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan para ketua umum partai demi menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri. Apalagi pertemuan tersebut untuk membicarakan masalah-masalah yang sedang dihadapi negara.

“Saya kira hal yang wajar ketika seorang Presiden bertemu dengan pimpinan partai politik yang berada di koalisi pemerintahan,” kata Solissa saat dihubungi, Selasa (11/10).

Menurut Solissa, menjaga stabilitas politik dan keamanan bukan hanya tugas pemerintah, dalam hal ini Presiden, tetapi juga hak setiap anak bangsa. Untuk itu, ketua-ketua umum partai pun harus ikut berperan dalam stabilitas negara saat krisis ekonomi mengancam berbagai negara di dunia.

“Biar bagaimanapun, pimpinan partai punya andil besar dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan, terutama jelang resesi besar yang akan menimpa banyak negara di tahun depan,” ujarnya.

Dikatakan Peneliti senior Center for Indonesian Domestic and Foreign Policy Studies (Centris) itu, Presiden Jokowi saat ini sedang dihadapkan dengan masalah global, yakni situasi ekonomi global yang terus menurun, krisis pangan akibat perang antar negara hingga masalah politik dalam negeri.

“Presiden punya tanggung jawab untuk memastikan Indonesia bisa selamat dari resesi ini, untuk itu stabilitas politik dan keamanan menjadi sangat penting untuk dikondisikan,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Soal Pertemuan Jokowi dan Megawati

Lebih jauh, lanjut Solissa, pertemuan Jokowi dengan para Ketum partai politik, termasuk dengan Megawati Soekarnoputri di Batu Tulis, Bogor pasti ada pembahasan soal Pemilu 2024, terkhusus Pilpres 2024.

“Apapun spekulasinya, menurut saya dua agenda pertemuan di atas masih dalam batas yang lazim. Namanya juga politik, perlu ada pertemuan, diplomasi dan negosiasi sehingga bisa terbangun mutual understanding atau kesepahaman bersama. Soal pertemuan Jokowi dan Ketum PDIP di Batu Tulis memang ada punya kaitannya dengan Pilpres kalau kita baca pemberitaan yang berkembang di media akhir-akhir ini,” ungkapnya.

“Kan harus ada kesepahaman antar seluruh elite di bangsa ini, agar persoalan besar yang dihadapi ini tidak mengganggu jalannya Pemilu. Seperti tadi saya bilang, pimpinan partai punya andil besar dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan,” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pertemuan antara dia dengan para ketua umum partai politik untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan di tengah dampak gejolak ekonomi global terhadap Indonesia saat ini.

“Karena situasi ekonomi global yang tidak jelas, yang tidak pasti, yang sulit ditebak, sulit diprediksi, sulit dihitung, sulit dikalkulasikan sehingga stabilitas politik dan keamanan itu menjadi sangat penting saat ini,” kata Jokowi.

Infografis Panas Dingin Hubungan Jokowi - Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Panas Dingin Hubungan Jokowi - Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya