Jokowi Kunjungi Mal di Jakarta, Cek Aktivitas Ekonomi Usai PPKM Dicabut

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengecek aktivitas perekonomian usai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia dicabut.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 13 Jan 2023, 07:07 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2023, 05:45 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengecek aktivitas perekonomian usai kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia dicabut (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengecek aktivitas perekonomian usai kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia dicabut (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengecek aktivitas perekonomian usai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia dicabut. Kali ini, Jokowi mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas), Jakarta, pada Kamis, 12 Januari 2023 malam.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Kokas sekitar pukul 19.20 WIB. Di sana, Jokowi mengelilingi mal sembari melihat produk-produk yang dipajang di etalase toko.

Saat melewati toko jenama lokal dari Bandung Jawa Barat, Eiger, Jokowi tampak tertarik dengan produk yang dipajang. Dia kemudian membeli sebuah rompi berwarna hitam dan sejumlah produk lain.

"Beliau ke sini belanja di toko kita. Belanjanya juga lumayan banyak ya. Ada dari jaket, dari sweater, topi, dan tas, seperti itu," ungkap Ogi, salah satu staf Eiger di Kokas.

Ogi pun mengaku kaget dengan kehadiran Jokowi yang mampir malam itu untuk membeli sejumlah produk di sana. Menurut Ogi, penjualan barang di tokonya sudah berangsur normal setelah kebijakan PPKM dicabut.

"Oh itu sangat jauh banget sih, jauh banget sih (penjualannya). Itu kan saat PPKM sepi banget, setelah PPKM dicabut ini udah mulai ramai banget, balik lagi ke normal," jelasnya.

Lebih lanjut, Ogi berharap kegiatan jual beli di pusat perbelanjaan dapat kembali seperti sebelum pandemi.

“Kalau bisa sih bener-bener dibuka lagi seperti awal lah, karena itu sangat berarti banget buat kita, karena kesejahteraan kita kan dari jualan," ucap Ogi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengunjung Mal Kaget

Sementara itu, salah satu pengunjung mal, Nindy, juga mengaku kaget dengan kedatangan Presiden Jokowi untuk melihat produk-produk yang dijual di sana. Ia pun merasa beruntung dapat bertemu dengan Kepala Negara malam ini.

"Kayak ngerasa beruntung saja gitu kok tiba-tiba lagi enggak ngapa-ngapain gitu, main saja pulang kantor, eh ada Pak Presiden dan alhamdulillah banget," tutur Nindy.

Setelah berkeliling, Presiden kemudian meninggalkan pusat perbelanjaan tersebut pada pukul 21.10 WIB.


Cabut PPKM

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghentikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia, mulai Jumat (30/12/2022). Dengan begitu, tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat.

Jokowi berharap usaha kecil menegah (UKM) dan toko-toko kecil dapat kembali ramai seperti sebelum pandemi Covid-19. Terlebih, pemerintah telah mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak 30 Desember 2022.

"Setelah pencabutan PPKM, kita harapkan UKM-UKM, outlet, toko-toko kecil semuanya bisa semarak lagi seperti sebelum pandemi, kita harapkan itu," ujar Jokowi usai meninjau Aktivitas Perdagangan di Pasar Sentul Yogyakarta, Minggu (8/1/2023).

Dia pun memperkirakan efek pencabutan PPKM bagi para pedagang baru terlihat pada Februari 2023. Pasalnya, kata Jokowi, pencabutan kebijakan itu baru berjalan sekitar satu minggu.

"Tapi kan baru saja kan, baru seminggu dua minggu. Saya kira efeknya (pencabutan PPKM) baru kelihatan nanti di bulan Februari," jelasnya.

 

Infografis Ragam Tanggapan Rencana Penghapusan PPKM di Akhir 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Rencana Penghapusan PPKM di Akhir 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya