Temui Jokowi, Butet Kartaredjasa Tawarkan Konsep Tarian Nusantara Etam untuk IKN

Butet menilai, bahwa masyarakat yang berada di IKN berasal dari beragam suku bangsa mulai dari Dayak, Kutai, Jawa, Melayu, Bugis, dan lainnya.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Agu 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2023, 06:00 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima seniman Butet Kartaredjasa di Istana Merdeka, Jakarta pada, Kamis (3/8/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima seniman Butet Kartaredjasa di Istana Merdeka, Jakarta pada, Kamis (3/8/2023). (Foto: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima seniman Butet Kartaredjasa di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menerima pemaparan mengenai sebuah tarian untuk mengakomodasi keberagaman budaya yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pertemuan kami sore ini dengan Bapak Presiden ialah mempresentasikan sebuah tarian dari Padepokan Seni Bagong Kusudiardjo Yogya, judul tarian itu Nusantara Etam, Nusantara Etam itu artinya nusantara kita," kata Butet Kartaredjasa dalam keterangannya usai pertemuan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Butet menilai, bahwa masyarakat yang berada di IKN berasal dari beragam suku bangsa mulai dari Dayak, Kutai, Jawa, Melayu, Bugis, dan lainnya. Butet menyebut, tarian yang dibuat oleh pihaknya dinilai dapat mencangkup kebudayaan lintas etnik dari berbagai suku bangsa tersebut.

"Tarian ini menggunakan motif-motif koreografi dan instrumen-instrumen musik yang mencangkup lintas etnik ini, lintas etnik yang bukan disusun sebagai kolase tapi kita leburkan menjadi satu, menjadi nusantara," ucapnya.

"Jadi ini semangat untuk membuktikan betapa kemajemukan, keberagaman Indonesia itu kalau disusun dengan baik itu menjadi sesuatu yang keren," sambung Butet.

Selain itu, Butet menyebut, bahwa tarian yang berdurasi selama enam menit tersebut mendapatkan respons yang baik dari Presiden Joko Widodo dan direncanakan akan ditampilkan kepada masyarakat.

"Kita tunggu saja nanti kita saksikan Tari Nusantara Etam dalam semangat kemajemukan untuk nusantara raya," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tujuan Penyusunan Konsep Tarian

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima seniman Butet Kartaredjasa di Istana Merdeka, Jakarta pada, Kamis (3/8/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima seniman Butet Kartaredjasa di Istana Merdeka, Jakarta pada, Kamis (3/8/2023). (Foto: Sekretariat Presiden)

Di samping itu, Butet menuturkan, bahwa tujuan penyusunan konsep tarian tersebut adalah untuk membangun akar budaya di IKN yang dinilai akan menjadi tempat tinggal masyarakat dengan interaksi di dalamnya.

"Tujuannya untuk membangun akar budaya, karena hari ini IKN itu awalnya adalah hutan, kosong hanya pepohonan dan yang sedang dilakukan adalah infrastruktur bangunan-bangunan fisik, padahal nantinya ibu kota negara itu akan berisi orang manusia, manusia di ibu kota yang bisa berinteraksi dengan baik itu punya akar kebudayaan, punya daya rekat yang berbasis budaya," jelasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya