Jokowi: Mari Bersiap Membawa Indonesia Maju, Kesempatan Hanya Datang Sekali

Jokowi mengatakan, Indonesia kini tengah bersiap menghadapi tantangan baru di tengah persaingan antarbangsa yang kian sengit.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 17 Agu 2023, 16:23 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 16:04 WIB
HUT RI Istana Merdeka
Jokowi kembali memakai baju adat pada upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka. Kali ini, Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali memposting pernyataan yang pernah dia sampaikan berakaitan dengan kesempatan Indonesia menjadi negara maju. Dalam akun Instagramnya, Jokowi memperdengarkan suara Presiden RI Sukarno saat membacakan naskah kemerdekaan RI.

Tak lama berselang, muncul suara Jokowi yang menyatakan Indonesia bisa menjadi negara maju dalam waktu 13 tahun ke depan.

"Peluang kita menjadi negara maju itu ada dalam 13 tahun ke depan, dan dalam sejarah peradaban negara-negara yang saya lihat, memang kesempatannya hanya sekali dalam sejarah sebuah peradaban bangsa," demikian suara Jokowi dalam akun Instagram Pribadinya, Kamis (17/8/2023).

Dalam postingannya itu Jokowi juga menyebut sudah 78 tahun para pejuang memerdekakan Indonesia dengan sebuah cita-cita. Cita-cita itu yakni menjadikan Indonesia sebagai negara merdeka bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

"Dalam rentang 78 tahun itu, Indonesia melalui rupa-rupa tantangan dan cobaan yang dapat kita lewati berkat semangat gotong-royong yang jadi sifat dasar bangsa ini. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Indonesia kini tengah bersiap menghadapi tantangan baru di tengah persaingan antarbangsa yang kian sengit. Tahun 2030 nanti, kata Jokowi Indonesia memasuki bonus demografi, ketika lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia berada pada usia produktif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kesempatan Hanya Datang Sekali

"Dengan persiapan yang matang sedari dini, saya optimistis, kita akan dapat memanfaatkan bonus demografi itu dengan baik untuk membawa Indonesia menjadi negara yang maju. Kesempatan untuk itu hanya akan datang sekali, takkan terulang lagi, maka kita bersiap sejak hari ini," kata Jokowi.

"Dirgahayu Republik Indonesia," Jokowi menandaskan.

Infografis Poin Penting Pidato Kenegaraan Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Poin Penting Pidato Kenegaraan Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya