Anies Soal Surya Paloh Bertemu Jokowi: Koalisi Perubahan Solid, Itu Tontonan Saja

Anies Baswedan menegaskan bahwa Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS serta Timnas AMIN tetap solid usai salah satu petinggi mereka yakni Surya Paloh bertemu Presiden Jokowi di Istana. Menurut Anies, tidak ada yang mengkhawatirkan dari pertemuan tersebut.

oleh Winda Nelfira diperbarui 20 Feb 2024, 15:56 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2024, 15:56 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Anies Baswedan (Merdeka/Alma Fikhasari)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Anies Baswedan (Merdeka/Alma Fikhasari)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan tidak ada yang berubah dalam internal partai politik koalisi perubahan (NasDem, PKS, PKB) usai pertemuan antara Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana.

"Gini saya ingin sampaikan, bahwa kita semua ini solid, enggak ada yang berubah," kata Anies di Posko Tim Hukum AMIN, Mampang Square, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menegaskan, dirinya dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masih terus berjalan bersama-sama.

"Anies-Muhaimin jalan terus bersama. Kita ini ingin bekerja intensif tiap hari terus. Memang tidak selamanya muncul di media, karena memang bukan hari kampanye. Kalau hari kampanye memang ada kegiatan-kegiatan kampanye terbuka," ucap Anies.

Selain itu, kata Anies pertemuan antara dirinya, Cak Imin, serta parpol dalam koalisi perubahan terus berjalan. Dia menekankan bahwa Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) dan koalisi perubahan masih solid.

"Tapi pertemuan-pertemuan jalan terus. Lalu partai koalisi, partai koalisi solid sesolid-solidnya. Jadi jangan khawatir kita jalan terus bersama," ucapnya.

Oleh sebab itu, Anies tak merasa khawatir adanya pertemuan antara Surya Paloh dengan Jokowi di Istana Kepresiden beberapa waktu lalu. Terlebih, kata dia, pertemuan tersebut tak terjadi secara diam-diam.

"Kalau pertemuan itu kedengaran media dua tiga hari sesudahnya itu baru serius. Tapi belum kejadian sudah ramai, itu berarti tontonan saja itu," kata Anies Baswedan memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Timnas AMIN Yakin NasDem Masih Setia

Co-Captain Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Sudirman Said optimis pasangan AMIN bakal mampu meraih suara besar di Jawa Tengah (Jateng).
Co-Captain Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Sudirman Said optimis pasangan AMIN bakal mampu meraih suara besar di Jawa Tengah (Jateng). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sebelumnya, Wakil Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) Sudirman Said meyakini Partai NasDem tetap setia berada di jalur perubahan.

Hal itu disampaikan menanggapi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (18/2/2024) malam.

"Kita mendengar dari banyak pihak bahwa NasDem tetap masih setia pada jalur perubahan," kata Sudirman Said, kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Dia mengatakan, semua sikap akan diputuskan setelah pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehinga, dia memastikan partai politik pengusung pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tetap berada di jalur perubahan.

"Jadi menurut saya terlalu dini untuk menyimpulkan apapun dan kami di Timnas terus berkomunikasi dengan seluruh partai sejauh yang saya tahu saya dengar dari para pimpinan partai ketiga partai juga masih ingin bersama-sama termasuk juga Pak Anies masih ingin berada dalam jalur perubahan dna kita lihat perkembangan ke depan," ucap dia.   

Lebih lanjut, Sudirman Said menilai, tak ada perjanjian politik apapun antara Surya dan Presiden Jokowi dalam pertemuan kemarin.

“Saya tidak melihat ada hal yang material, yang dicurigai ada kesepakatan, deal. Menurut saya ini rasanya enggak,” imbuh dia.

Infografis Kode Jokowi Usai Pertemuan dengan Surya Paloh. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kode Jokowi Usai Pertemuan dengan Surya Paloh. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya