Relawan: Bukan soal 'Zaken Kabinet', Tapi Putra-Putri Terbaik Indonesia

Banyak juga kader partai yang merupakan profesional

oleh Tim News diperbarui 03 Okt 2024, 15:05 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 14:00 WIB
Prabowo Subianto bersama  Immanuel Ebenezer (Istimewa)
Prabowo Subianto bersama  Immanuel Ebenezer (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kabinet yang akan disusun Presiden Prabowo Subianto untuk menjawab tantangan Indonesia ke depan, tentu bukan soal 'zaken' kabinet atau bukan, tetapi bagaimana agar memperoleh kabinet yang terbaik buat Bangsa Indonesia.

“Dalam menjalankan hak prerogatif, Presiden Prabowo Subianto tentu akan mengedepankan kapabilitas, intregritas dan loyalitas. Jadi kita percayakan kepada beliau,” kata Ketua Umum Prabowo Mania, Immanuel Ebenezer, Kamis 3 Oktober 2024.

Ia mengungkapkan, Presiden Terpilih Prabowo Subianto, tidak pernah mengatakan bahwa kabinet ke depan adalah merupakan zaken kabinet. 

“Kita jangan lupa, banyak juga kader partai yang merupakan profesional. Sehingga para profesional yang berada di partai, sudah memenuhi syarat menjadi menteri, sepanjang mempunyai kapabilitas, integritas dan loyalitas,” kata Noel.


Mengenai Zaken Kabinet

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kabinet zaken adalah suatu kabinet yang jajaran menterinya berasal dari kalangan ahli dan bukan representasi dari suatu partai politik tertentu.

Dengan demikian, inti diskusi sekitar jajaran menteri periode mendatang, bukan soal “zaken” kabinet, tetapi bagaimana supaya para menteri mempunyai “kapabilitas-integritas-loyalitas” di bidang masing-masing. Inilah kriteria kabinet terbaik buat bangsa.

“Pak Prabowo Subianto dan petinggi Partai Gerindra, tak pernah menyebut kabinet ‘zaken.’ Jadi frasa ‘zaken’ tersebut hanya merupakan harapan atau pendapat masyarakat,” kata Immanuel.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya