PSI ke Makam Bung Karno: Ambil Apinya, Tinggalkan Abunya

Kaesang berdoa dan menaburkan bunga di makam Bung Karno dengan ditemani jajaran pimpinan DPP dan DPW PSI.

oleh Tim News diperbarui 03 Okt 2024, 19:43 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 19:43 WIB
Klarifikasi Penggunaan Jet Pribadi, Kaesang Pangarep Datangi Gedung KPK Lama
Kedatangan Kaesang Pangarep di gedung lama Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mengklarifikasi soal dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/10/2024). Kaesang berdoa dan menaburkan bunga di makam Bung Karno dengan ditemani jajaran pimpinan DPP dan DPW PSI.

“Ini adalah bentuk penghormatan terhadap Proklamator, Presiden Pertama RI, dan pendiri bangsa yang mencetuskan gagasan mengenai Pancasila,” kata Wakil Ketua Umum DPP PSI, Andy Budiman kepada wartawan usiah ziarah.

Andy melanjutkan, dua hari lalu kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, salah satu warisan terpenting Bung Karno yang kini menjadi dasar negara dan sumber persatuan Indonesia.

“Kami ingin merawat semangat Bung Karno yang pernah mengingatkan kita semua: ambil apinya, tinggalkan abunya,” pungkas Andy Budiman mengutip kata-kata terkenal Bung Karno.

Kaesang juga sebelumnya menghadiri acara Istighosah Maulid Nabi Muhammad SAW dan milad PSI yang ke-10 di Pahlawan Business Center, kota Madiun, Jawa Timur.

Adapun dia juga menemani Calon Wali Kota Madiun nomer urut 2, Maidi. Serta para kiai se-Kota Madiun dan sejumlah kader PSI.

Tak pelak, acara yang dihadiri putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut mengundang ribuan masyarakat setempat.


Kaesang Senang Berada di Kota Madiun

Dalam sambutannya, Kaesang mengaku senang ketika berada di Kota Madiun. Selain penataan dan kebersihan yang terjaga, kota ini memiliki daya pikat wisata yang cukup menarik.

"Saya senang sekali ke Kota Madiun bisa lihat Menara Eiffel, Ka'bah dan masih banyak lagi," kata dia dalam keterangannya, Rabu (2/10/2024).

Selain daya tarik wisata, Kaesang juga terkesan dengan keberhasilan Kota Madiun yang mampu mendapatkan 361 penghargaan.

Menurut dia, capaian itu tak terlepas dari sosok Wali Kota Madiun periode 2019-2024, Maidi.

"Total 361 penghargaan. Selama lima tahun menjabat kira-kira satu minggu dapat satu (penghargaan). Hebat sekali," kata Kaesang.

Infografis Kaesang Pangarep Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kaesang Pangarep Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya