Dasco: Pemanggilan Calon Menteri Kabinet Prabowo Belum Selesai

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco menyatakan, pemanggilan calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum selesai.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 15 Okt 2024, 12:08 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 12:08 WIB
Politikus PAN Yandri Susanto hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang, disambut Sufmi Dasco Ahmad.
Politikus PAN Yandri Susanto hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang, disambut Sufmi Dasco Ahmad. (Liputan6.com/Hisyam Adyatma)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco menyatakan, pemanggilan calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum selesai. Hal itu menanggapi pernyataan terkait tidak ada kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dipanggil ke Kertanegara atau kediaman Prabowo.

"Waktu pemanggilan belum selesai," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Menurut Dasco, hingga tanggal pelantikan presiden baru pada 20 Oktober 2024, semua hal masih bisa terjadi. "Sampai tanggal 20 pagi saja masih (bisa ada pemanggilan)," sambung dia.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani angkat bicara soal tidak ada kader PDIP dipanggil menghadap Presiden terpilih Prabowo Subianto, menjelang penyusunan kabinet.

"Ya berarti enggak dipanggil, ya sudah itu saja," kata Puan.

Meski demikian, Puan memastikan hubungan PDIP dengan Prabowo sangat baik. "Baik sekali, selalu berkomunikasi, ya seperti juga di DPR kita baik-baik srlalu menjalin komunikasi, kita akan selalu membangun Indonesia bersama dan tidak ada hal-hal yang kemudian sepertinya kita berbeda, kita akan sama sama membangun Indonesia," kata dia.

Ia juga memastikan pertemuan Prabowo-Megawati akan segera terjadi. "Pasti insyaallah akan bertemu," kata dia.

Oleh karena itu, Puan memastikan sebelum pelantikan semua hal terkait kabinet masih bisa terjadi. "Insyaallah semuanya mungkin terjadi," kata dia.

Prabowo: Masih Ada Pemanggilan Calon Menteri di Kertanegara, Hari Ini Pukul 14.00 WIB

Dua Jempol Prabowo Usai Panggil Para Calon Menteri
Prabowo mengatakan telah menerima sejumlah tokoh yang akan diajak bergabung sebagai menteri di kabinet pemerintahannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden terpilih yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku masih akan mengundang tokoh-tokoh yang akan bergabung di pemerintahannya. Pertemuan itu akan berlangsung di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, hari ini, Selasa (15/10/2024).

"Besok masih ada lagi proses. Saya kira sama lah jam 2 (siang). Wamen wamen, menterinya masih ada beberapa yang sedang di luar kota," ujar Prabowo usai menerima puluhan calon menteri di kediamannya, Jakarta Selatan, Senin malam 14 Oktober 2024.

Prabowo telah memanggil puluhan tokoh dan politikus ke rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Mereka yang dipanggil diproyeksikan menjadi calon menteri Prabowo-Gibran.

Namun dari puluhan tokoh yang hadir, tidak nampak kader PKS. Padahal partai pimpinan Ahmad Syaikhu itu telah menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran, meski sempat menjadi rival di Pilpres 2024.

Terkait hal ini, Prabowo menyatakan bahwa PKS sejatinya turut menyodorkan nama-nama yang bisa dipertimbangkan untuk menempati posisi menteri di pemerintahannya. Namun menurut dia, calon menteri yang diajukan PKS berasal dari unsur profesional.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan, tak semua partai koalisi menyodorkan nama-nama dari kalangan partai. Karena itu, Prabowo memberikan apresiasi kepada semua ketum parpol tersebut.

"Jadi gini, beberapa saya terus terang saja, saya menyatakan saya apresiasi para ketum, banyak ketum yang diajukan orang-orang profesional," ucap dia.

"Jadi saya kira itu yang ingin saya sampaikan, mungkin Anda tidak perhatikan bahwa yang ajukan itu partai A partai B karena ya

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya