5 Fakta Terkait Jokowi dan Istri Iriana Pulang ke Solo Usai Purna Tugas sebagai Presiden RI

Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya Iriana pulang ke Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu 20 Oktober 2024.

oleh Devira PrastiwiKhofifah Azzahro diperbarui 21 Okt 2024, 17:17 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 17:17 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Foto: BPMI Setwapres).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya Iriana pulang ke Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu 20 Oktober 2024. Jokowi menggunakan pesawat TNI AU dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Jokowi pulang ke Solo usai resmi purna tugas sebagai Presiden RI. Hal ini sekaligus membantah kabar bahwa Jokowi dan Iriana akan menggunakan pesawat komersial untuk pulang ke Solo.

Sebelum pulang ke Solo, Jokowi sempat menyapa masyarakat yang berada di luar Istana Merdeka. Dia juga sempat bersalaman dengan warga dan sesekali melayani warga berfoto.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi meninggalkan Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 14.15 WIB. Sebelum menaiki mobil, Jokowi sempat menghampiri tenda tamu undangan yang terdiri dari masyarakat hingga relawan.

Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu 20 Oktober 2024. Dia diantar oleh Presiden Kedelapan RI Prabowo Subianto dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sesaat setelah tiba di Halim, Jokowi menyapa mereka yang datang. Dia juga melayani permintaan untuk foto bersama.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengungkap alasan Joko Widodo atau Jokowi batal naik pesawat komersil saat kepulangan ke Solo.

Menurut Budi, hal itu disebabkan larangan yang disampaikan Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto.

"Memang enggak dikasih (izin), harus pakai pesawat kenegaraan, iya permintaan (Prabowo)," kata Budi di Lapangan Udara Skadron Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

Menurut Budi Arie, tidaklah elok jika seorang mantan presiden yang sudah memimpin selama dua periode dibiarkan untuk pulang menggunakan pesawat komersil.

Berikut sederet fakta terkait Jokowi dan istrinya Iriana pulang ke Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu 20 Oktober 2024 dihimpun Tim News Liputan6.com:

 

1. Sempat Sapa Warga di Istana Merdeka Sebelum Pulang ke Solo

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Gantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden Republik Indonesia periode 2014-2024 Joko Widodo (kanan) duduk saat Sidang Paripurna Pelantikan Presiden terpilih di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta pada 20 Oktober 2024. (BAY ISMOYO/AFP)
Pernikahan Kevin Sanjaya-Valencia Tanoesoedibjo
Presiden Jokowi tampak hadir didampingi Ibu Iriana Joko Widodo. Pria kelahiran Solo itu mengenakan setelan jas hitam sebagai saksi untuk Valencia. Sedangkan Prabowo dari pihak Kevin Sanjaya. [Instagram/valenciatanoe]

Presiden ke-7 RI, Joko Widodo atau Jokowi sempat menyapa masyarakat yang berada di luar Istana Merdeka, sebelum dirinya pulang ke Solo, Jawa Tengah, melalui Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

Dia juga sempat bersalaman dengan warga dan sesekali melayani warga berfoto.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi meninggalkan Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 14.15 WIB. Sebelum menaiki mobil, Jokowi sempat menghampiri tenda tamu undangan yang terdiri dari masyarakat hingga relawan.

Warga pun sangat antusias bersalaman dan berfoto bersama Jokowi yang baru saja purna tugas sebagai Presiden RI. Beberapa masyarakar keluar dari tenda dan mengerubungi Jokowi.

Jokowi satu mobil dengan Presiden RI Prabowo Subianto saat meninggalkan Istana Merdeka. Keduanya menaiki mobil Maung Garuda bewarna putih, dengan plat nomor Indonesia-1.

Rangkaian Istana sempat terhenti di luar gerbang Istana Merdeka. Jokowi tiba-tiba membuka atap atas mobil untuk menyapa masyarakat.

Momen itu berlangsung singkat. Prabowo lalu mengantar Jokowi ke Lanud Halim Peranakusuma, sebelum pulang ke Solo.

 

2. Jokowi dan Iriana Lambaikan Tangan, Tinggalkan Jakarta ke Solo

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati turut mengantar kepulangan Mantan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Halim Perdana Kusumah
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati turut mengantar kepulangan Mantan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Halim Perdana Kusumah, Jakarta (20/10/2024).

Presiden Ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu 20 Oktober 2024. Dia diantar oleh Presiden Kedelapan RI Prabowo Subianto dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sesaat setelah tiba di Halim, Jokowi menyapa mereka yang datang. Dia juga melayani permintaan untuk foto bersama.

Rombongan para menteri Kabinet Indonesia Maju tiba di baseops squadron Halim Perdanakusuma dan berdiri berjajar di dekat pesawat yang akan ditumpangi Jokowi dan Ibu Iriana.

Terlihat Airlangga Hartarto, Muhadjir Effendy, Sandiaga Uno, Agus Gumiwang, Bahlil Lahadalia, hingga Zulkifli Hasan.

Mereka hadir untuk mengantar kepulangan Joko Widodo ke kampung halamannya di Solo. Jokowi pun menyalami satu per satu para menteri yang hadir.

Sesaat kemudian, Jokowi dan Iriana yang membawa buket bunga menaiki pesawat dan keduanya melambaikan tangan kepada para pejabat yang hadir mengantar di Lanud Halim.

Sementara itu, suasana haru mengiringi salam perpisahan Jokowi. Putrinya, Kahiyang Ayu menitikkan air mata saat mengantar kepulangan kedua orangtuanya ke Solo dari Halim Perdanakusuma.

 

3. Prabowo Tak Izinkan Jokowi Pulang ke Solo Naik Pesawat Komersil

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Gantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. (BAY ISMOYO/AFP)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengungkap alasan Joko Widodo atau Jokowi batal naik pesawat komersil saat kepulangan ke Solo pada Minggu 20 Oktober 2024. Menurut Budi, hal itu disebabkan larangan yang disampaikan Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto.

"Memang enggak dikasih (izin), harus pakai pesawat kenegaraan, iya permintaan (Prabowo)," kata Budi di Lapangan Udara Skadron Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

Menurut Budi Arie, tidaklah elok jika seorang mantan presiden yang sudah memimpin selama dua periode dibiarkan untuk pulang menggunakan pesawat komersil.

"Ya masa mantan Presiden dikasih naik komersil?," ujar Ketua Umum Ormas Projo ini.

Maka dari itu, Budi pun memastikan batalnya rencana penggunaan pesawat komersil bukan karena Jokowi yang meminta untuk menumpangi pesawat militer. Namun karena perintah dari Presiden Prabowo.

"Iya bukan (permintaan Jokowi naik pesawat TNI)," Budi menandaskan.

Jokowi sempat dijadwalkan naik pesawat komersil usai purnatugas sebagai presiden untuk kembali ke kampung halamannya. Saat dikonfirmasi terakhir kali soal tersebut, Jokowi mengaku masih coba mencari tiket pulang.

"Belum beli tiket," kata Jokowi di Medan, Sumatera Utara, Rabu 16 Oktober 2024.

 

4. Jokowi Kembali ke Rumah Pribadinya di Solo, Jalanan Macet Terhalang Kerumunan Warga

Jokowi Tiba di Rumah Solo
Presiden RI ke-7 Jokowi tiba di rumah pribadinya Solo setelah menempuh perjalanan selama 3 jam lebih karena ramainya warga yang menyambut.(Liputan6.com/Fajar Abrori).

Joko Widodo atau Jokowi bersama istrinya, Iriana, tiba di kediaman pribadinya di Sumber, Solo, pada Minggu malam 20 Oktober 2024.

Kedatangan keluarga Jokowi disambut antusias oleh ribuan warga yang memadati area sekitar rumah.

Kepulangan Jokowi ke Solo ini menjadi momen yang dinantikan banyak orang, terlihat dari besarnya kerumunan yang hadir untuk menyambut mantan Wali Kota Solo tersebut.

Jokowi dan Iriana mendarat dengan pesawat TNI Angkatan Udara sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah beristirahat sejenak di ruang tunggu, mereka melanjutkan perjalanan menggunakan mobil Pindad Maung pada pukul 16.15 WIB.

Sepanjang perjalanan menuju rumahnya di Solo, keduanya berdiri di atas mobil, melambaikan tangan, dan membagikan kaus kepada warga yang berjejer di sepanjang rute yang dilalui iring-iringan rombongan.

Besarnya antusiasme masyarakat membuat perjalanan mobil yang membawa Jokowi dan Iriana berlangsung sangat lambat. Kepadatan warga yang menyemut di sepanjang jalan membuat perjalanan menuju kediaman pribadi mereka di Jalan Kutai Utara memakan waktu lebih dari tiga jam, meski jaraknya tidak terlalu jauh.

Setibanya di depan rumah pribadi Jokowi pada pukul 19.28 WIB, suasana semakin meriah dengan kerumunan warga dan relawan yang memanggil-manggil nama Jokowi. Meski lelah, Jokowi tetap menyempatkan diri untuk menyapa dengan senyuman dan lambaian tangan kepada para pendukung yang telah menantikan kedatangannya.

Setelah turun dari mobil, Jokowi dan Iriana segera masuk ke dalam rumah. Panglima TNI Jenderal Agus Sudibyo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga ikut memasuki rumah, mengikuti langkah Jokowi.

 

5. Antar Jokowi Pulang ke Solo, Prabowo Sebut Doakan yang Terbaik

Presiden Ketujuh RI Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024).
Presiden Ketujuh RI Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Presiden ke-8 Republik Indonesia, Prabowo Subianto mengantarkan Joko Widodo (Jokowi) ke Bandara Squadron Halim Perdanakusuma Jakarta untuk bertolak ke Solo, Jawa Tengah, Minggu 20 Oktober 2024.

Jokowi pulang ke kampung halamannya, usai purna tugas sebagai presiden selama dua periode 2014-2024. Kepada Jokowi, Prabowo terus berharap agar kebaikan selalu menyertai. Termasuk, kepada semua hal yang menyangkut bangsa Indonesia.

"Kita mendoakan yang terbaik, semuanya," kata Prabowo kepada awak media di lokasi.

Prabowo menambahkan, tidak ada hal khusus yang disampaikan Jokowi sepanjang perjalanannya mengantar Jokowi di dalam mobil. Namun satu hal yang selalu dititipkan adalah kuatkan diri untuk memimpin Indonesia dengan terus berdoa.

"Enggak ada yang khusus, tapi beliau selalu mengatakan, beliau selalu menyampaikan ke saya, beliau berdoa saya kuat untuk menerima tanggung jawab yang besar," ungkap Prabowo menyampaikan pesan Jokowi.

Saat ditanya awak media apakah Prabowo akan langsung tancap gas untuk bekerja sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia mulai dari saat ini, dia memberikan isyarat dengan jempol dan salam komando.

Diketahui, dijadwalkan agenda Prabowo sebagai presiden pada sore ke malam hari ini adalah pengumuman nama-nama menteri dan wakil menteri yang akan mengisi kabinetnya.

Besoknya, Prabowo dijadwalkan untuk melantik mereka sebagai menteri dan wakil menteri yang sah dan siap bekerja membersamainya lima tahun mendatang.

Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya