TNI AL Menembak Dua Kapal Asing

Kapal perang TNI AL menenggelamkan dua kapal penangkap ikan asing asal Thailand di Selat Gelasa, Bangka Belitung. Mereka tertangkap tengah mencuri ikan dan berusaha melarikan diri.

oleh Liputan6 diperbarui 26 Okt 2003, 15:00 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2003, 15:00 WIB
t261003bKapalAsing.jpg
Liputan6.com, Bangka: Kapal Republik Indonesia (KRI) Cut Nyak Dien dan KRI Anakonda memergoki dua kapal nelayan Thailand mencuri ikan di Selat Gelasa, Bangka Belitung, Jumat (24/10) malam. Saat akan diperiksa, kedua kapal bernama Indonesia, yakni Bumi Marina 006 dan Bumi Marina 027 berusaha melarikan diri dengan membuat manuver berbahaya yang bisa mengakibatkan tabrakan kapal. Ternyata, kedua kapal itu memang tanpa dibekali surat ijin beroperasi.

TNI AL memutuskan untuk menembak dan menenggelamkan kedua kapal tersebut setelah mengevakuasi awak kapal yang berjumlah 31 orang. Penenggelaman ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera bagi pelanggar teritorial Indonesia. Lalu, seluruh awak kapal dibawa ke pangkalan TNI AL di Bangka untuk diproses lebih lanjut.(AWD/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya