Tips Tinggalkan Rumah Kosong Saat Mudik

Gunakan lampu otomatis sehingga lampu siang tidak menyala, stop koran, cabut telepon dan koordinasi dengan keamanan lingkungan.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 07 Agu 2013, 14:23 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2013, 14:23 WIB
rumah-mudik130807b.jpg

Bagi warga yang meninggalkan rumah saat Lebaran, diminta tetap waspada. Meski sudah ada personel keamanan di lingkungan pemukiman, pemilik rumah perlu memperhatikan beberapa hal. Hal-hal ringan seperti mematikan lampu rumah saat siang hari atau menggantinya dengan lampu otomatis, bisa mengurangi niat pencuri.

"Matikan lampu, pencuri akan melihat apakah ada lampu di rumah yang terus menyala baik siang maupun malam hari. Para pencuri akan mencoba masuk ke rumah, karena rumah yang lampunya menyala terus kemungkinan besar tak berpenghuni. Kalau bisa, pasang lampu otomatis yang bisa hidup di malam hari dan padam sendiri saat siang hari," kata Kasat Reserse Kriminal Polres Jakarta Barat AKBP Hengki Haryadi di Jakarta, Rabu (7/8/2013).

Hengki menambahkan, pelaku biasanya juga mencirikan rumah kosong dengan banyaknya koran berceceran di teras rumah bila penghuninya berlangganan. Itu lantaran mereka terus dikirimi koran, padahal rumah sedang tak berpenghuni.

"Kondisi rumah yang seperti ini juga masuk dalam incaran pencuri. Pencuri pasti tahu kalau rumah itu kosong karena koran yang terus dikirimi tak kunjung diambil pemilik rumah. Karena itu kalau mau mudik, dihentikan dulu langganan korannya," imbuh Hengki.

Kemudian, Hengki menambahkan, para pemudik yang meninggalkan rumah juga diimbau mencabut sementara sambungan telepon rumah. Menurutnya, itu juga dapat meminimalisir kemungkinan perampokan.

"Hasil pemeriksaan polisi terhadap pelaku pencurian, jika mereka menghubungi salah satu rumah tapi tak diangkat maka komplotan itu akan masuk. Karena mengira rumah itu kosong ditinggal penghuni," imbuhnya.

Selain itu, Hengki juga menghimbau agar warga tak segan-segan berkoordinasi dengan pihak keamanan sekitar komplek perumahan. "Dan terakhir, lakukanlah koordinasi dengan keamanan sekitar. Semisal dengan mengefektifkan penggunaan portal," tutup Hengki. (Adi/Ism)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya