Timur Pradopo: Mudah-mudahan Pergantian Kapolri Selesai Oktober

"Tahapan-tahapan kita ikuti, kita tunggu saja. Mudah-mudahan bulan (Okotober) ini selesai," kata Timur.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 15 Okt 2013, 11:55 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2013, 11:55 WIB
kapolri-130830-b.jpg
Kabareskrim Komjen Pol Sutarman yang dicalonkan sebagai calon kapolri tunggal oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan fit and proper test di DPR, Kamis 17 Oktober mendatang. Pergantian kapolri rencananya akan dilakukan segera.

Kapolri Timur Pradopo mengatakan proses pergantian Kapolri akan selesai akhir Oktober. Menurutnya, pergantian dilakukan setelah fit and proper test Komisi III DPR terhadap Sutarman selesai.

"Tahapan-tahapan kita ikuti, kita tunggu saja. Mudah-mudahan bulan (Oktober) ini selesai," kata Timur usai salat Id di Lapangan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2013).

Timur menuturkan Presiden SBY sedang menunggu hasil fit and proper test dan setelah itu baru menjadwalkan pergantian Kapolri.

"Semua proses sedang berjalan, fit and proper test, hasilnya kemudian diserahkan ke Presiden SBY. Kemudian Presiden akan menjadwalkan (pergantian)," jelas Timur.

Sementara Sutarman mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Persiapan itu sudah dilakukan sejak lama, bahkan sejak dirinya masih menjabat Kapolsek.

"Akan kita laksanakan. Sudah siap, pelaksanaan dan apa yang sudah kita lakukan mulai dari Kapolsek sampai ke sini kan persiapan kita semua," ucap Sutarman. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya