[VIDEO] Kapolri Perintahkan 3 Polda Bantu Korban Letusan Kelud

Kapolri memerintahkan personel di 3 wilayah, Polda Jatim, Polda Jateng dan Polda DIY untuk terjun langsung membantu korban letusan Kelud.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Feb 2014, 19:49 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2014, 19:49 WIB
tutup-kawasan-140214c.jpg
Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, petugas pemadam kebakaran Kota Surabaya, Jawa Timur mulai membersihkan jalanan dari debu vulkanik Gunung Kelud dengan menyemprotkan air.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (14/2/2014), polisi meminta pengendara berhati-hati, karena jalan tertutup debu dan licin, sementara jarak pandang terbatas. Pengguna jalan juga diminta untuk memakai masker agar tidak mengganggu pernafasan.

Di Madiun, Jawa Timur anggota TNI bersama warga bekerja bakti untuk membersihkan jalan. Mereka juga membersihkan masjid yang akan digunakan untuk salat Jumat. Sebelum dibersihkan, abu disemprot menggunakan air agar tidak beterbangan.

Sementara untuk membantu warga, Kapolri memerintahkan personel polisi di 3 wilayah, yakni Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, dan Polda DI Yogyakarta untuk terjun membantu warga menanggulangi dampak letusan Gunung Kelud.

Letusan Gunung Kelud juga membuat sekolah-sekolah di berbagai daerah yang terkena dampak debu vulkanik  diliburkan. Salah satunya di Kulonprogo, Yogyakarta, seluruh sekolah hari ini ditempel papan pengumuman bahwa sekolah diliburkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan para siswa dan mengantisipasi terjadinya letusan susulan. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, Polisi Dirikan 18 Tenda Pengungsian
[VIDEO] Abu Kelud Picu Kecelakaan Beruntun di Klaten
TNI AD Siapkan 1.420 Personel Bantu Evakuasi Korban Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya