Keterampilan Kecerdasan Emosional Ini Wajib Untuk Dimiliki, Jangan Terlewat Satu Pun

6 keterampilan kecerdasan emosional yang harus dimiliki.

oleh Helena Yupita diperbarui 29 Apr 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi bahagia - stres (iStockphoto)
Ilustrasi bahagia - stres (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah mempertimbangkan apakah Anda termasukĀ orang yangĀ cerdas secara emosionalĀ atau tidak?Ā 

Kecerdasan emosional didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengenali emosi kita dan emosi orang lain serta menanggapinya dengan bijaksana dan efektif. Memiliki keterampilan kecerdasan emosional adalah kunci untuk berhubungan dengan orang lain dan membentuk hubungan yang langgeng.

Jika kesulitan meningkatkan kecerdasan emosional atau menilai tingkat pemahaman diri sendiri, berikut adalah 6 keterampilan kecerdasan emosional terpenting yang harus dikembangkan, melansir dari laman lifehack.

1. Keyakinan Batin Yang Kuat

Orang yang cerdas secara emosional dapat bertindak dan berbicara tanpa meragukan diri sendiri.Ā Ini berasal dari mereka yang sadar diri dan memercayai intuisi mereka.Ā 

Menjadi cerdas secara emosional berarti AndaĀ percaya diriĀ dan dapat 'membicarakan pembicaraan' dan 'berjalan di jalan'.

Mungkin Anda mengatakan bahwa ingin berolahraga atau mulai makan sehat, tetapi untuk benar-benar bertindak membutuhkan tingkat kecerdasan emosional yang lebih tinggi.Ā Luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan apa yang diperlukan untuk membuat lompatan dari pikiran ke tindakan.Ā 

Menjadi proaktif memungkinkan untuk merasa lebih percaya diri, yang membuat semakin percaya diri dalam menilai risiko dan manfaat dari keputusan Anda.Ā Ketika memahami emosi, maka akan muncul keyakinan lebih mudah untuk melakukan tindakan tersebut.

2. KemampuanĀ Beradaptasi Dengan Apapun

Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang berbeda menunjukkan bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.Ā Jika dapat menyesuaikan rencana tanpa merasa frustrasi ketika sebuah proyek tidak berjalan sesuai rencana, itu berarti Anda selaras dengan emosi.

Mampu mengikuti arus adalah hal yang harus dilakukan.Ā Jika merencanakan karier atau tujuan hubungan dan berusaha mencapainya dalam kerangka waktu yang ketat, mungkin akan merasa kecewa dan lelah.Ā 

Seseorang dengan keterampilan kecerdasan emosional yang baik akan memahami ketika mereka telah memberikan segalanya dan membiarkan diri mereka sendiri untuk melanjutkan, bahkan jika proyeknya tidak selesai.

Bersikap fleksibel akan memberi lebih banyak ruang untuk penyesuaian.Ā Untuk menjadi lebih cerdas secara emosional, ingatkan diri sendiri bahwa hidup mengalir dan kendali atas keputusan ada pada diri sendiri.Ā 

3. Selektif

Keterampilan kecerdasan emosional penting lainnya adalah kemampuan untuk hanya bereaksi jika diperlukan, efektif, dan bijaksana.Ā Sangat mudah untuk terjebak dalam emosi dan merespon secara defensif ketika seorang teman memberi tahu sesuatu yang membuat merasa marah.Ā 

Orang yang cerdas secara emosional akan memiliki kendali atas energi mereka dan kekuatan untuk mendengarkan, memproses, dan kemudian mengambil tindakan.

Abaikan apa yang dikatakan seseorang jika itu tidak benar.Ā Mampu memahami emosi mendalam dan memilih kapan harus bereaksi akan memandu dalam meningkatkan kecerdasan emosional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Mengenali Pikiran Tidak Sehat

Yang Manakah Anda di Antara Beberapa Ilustrasi Ini?
Mudah bagi Anda untuk selalu berpikiran positif maupun negatif, berikut ilustrasi yang mungkin sangat menggambarkan diri Anda.

Orang yang cerdas secara emosional mengenali saat mereka jatuh ke dalam siklus merendahkan diri dan dapat dengan cepat bangkit.

Apa yang Anda katakan secara internal mungkin sangat berbeda dari bagaimana bertindak dan dipandang di dunia.Ā Orang yang cerdas secara emosional mencoba menyelaraskan pemikiran batin dengan tindakan mereka.

Membersihkan hal-hal negatif akan menghasilkan lebih banyak kegembiraan dan memungkinkan seseorang untuk mengendalikan emosi.

5. Melihat Gambaran yang LebihĀ Luas

Kecerdasan emosional juga berarti mampu melihat melampaui momen saat ini danĀ memvisualisasikan gambaran yang lebih besar.Ā Orang dengan kecerdasan emosional tinggi memikirkan penyesuaian hidup dan melihat ke bawah bagaimana keputusan dapat memengaruhi masa depan.

Ada banyak cara untuk mempraktikkan ketrampilan ini dalam kehidupan kita sehari-hari.Ā Sebelum meninggalkan pekerjaan, pertimbangkan risiko dan manfaatnya.

Jika Anda sedang menjalin hubungan dan merasa tidak cocok lagi, renungkanlah gambaran yang lebih besar.Ā Mulailah dengan menuliskan kualitas yang ingin dimiliki dalam diri pasangan ideal.

Orang yang cerdas emosional dapat mengubah hidup dengan percaya diri karena mereka memikirkan tindakan mereka.Ā 

Mereka tidak terlalu peduli dengan apakah rumput akan segera menjadi lebih hijau di sisi lain, tetapi mereka menyadari nilai bergerak dengan hati-hati menuju kebahagiaan dan kemakmuran yang lebih besar.Ā 

6. Kecepatan Proses Cepat

Keterampilan kecerdasan emosional penting lainnya adalah mampu tidak hanya dengan cepat mengakses emosi Anda tetapi juga emosi orang lain.Ā Ini penting karena membantu untuk bertindak secara efektif dan empati terhadap orang lain.

Ketika seseorang membagikan pendapatnya, daripada mengatakan hal pertama yang terlintas dalam pikirannya, orang yang cerdas secara emosional akan membuat penilaian cepat terhadap perspektif orang lain.

Untuk melatih keterampilan ini, saat berbicara dengan seseorang, luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan siapa lawan bicara Anda, stres apa pun yang mungkin mereka alami, dan tujuan percakapan.

Kemudian akan dapat melakukan diskusi yang bijaksana di mana Anda tahu apa yang akan dikatakan mengarah pada orang lain dengan cara yang benar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya