Lawan Corona COVID-19 di Rumah Saja, Waktunya Manjakan Motor Kesayangan

Guna menekan laju penyebaran Corona Covid-19, pemerintah mengajurkan gerakan kerja, belajar, dan ibadah di rumah

oleh Arief Aszhari diperbarui 22 Mar 2020, 08:08 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2020, 08:08 WIB
Rahasia Bikin Motor Tampil Klimis
Banyak alasan yang membuat orang malas untuk mencuci motor sendiri di rumah, salah satunya adalah ketiadaan alat-alat

Liputan6.com, Jakarta - Guna menekan laju penyebaran Corona Covid-19, pemerintah mengajurkan gerakan kerja, belajar, dan ibadah di rumah. Tidak hanya itu, penting juga melakukan social distancing, dengan mengurangi kontak fisik secara langsung dengan orang lain untuk mengurangi penularan virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Cina tersebut.

Jika sudah begitu, banyak cara yang bisa dilakukan saat seseorang berada di rumah saja, terlebih bagi bikers dengan waktunya merawat motor kesayangan. Nah, berikut tips bagi pemilik motor yang hendak bersih-bersih motor di rumah, dilansir dari berbagai sumber:

Pertama, untuk mencuci motor, sediakan semua perlengkapannya, seperti ember, air, sampo, spons, dan jangan lupa siapkan dua buah lap.

Kedua, sebelum mencuci motor, ada baiknya bersihkan terlebih dahulu kotoran tebal di motor Anda.

Ketiga, saat cuci motor, siram air ke seluruh permukaan motor, jangan sampai ada yang terlewat. Begitu juga dengan bagian lampu, kaca spion, bawah motor, serta ban dan sepatbor yang biasanya banyak kotoran dan lumpur.

Setelah itu, gunakan sampo motor. Ingat, pakai terlebih dahulu pada bagian bodi motor seluruhnya, kemudian bilas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Setelah Bodi Motor

Lalu, setelah bodi motor, pindah ke bagian ban dan kolong motor. Jangan lupa untuk membersihkan kolong motor, bisa menggunakan sikat agar semua kotoran dan lumpur tersapu semua.

Ketika semua bagian motor dibilas dengan air bersih, keringkan dan kemudian lap dengan kain microfibre agar cepat kering.

Agar motor lebih kinclong setelah dicuci, jangan lupa gunakan cream pengkilap motor. Untuk bagian kaki-kaki, gunakan semir ban. Kini motor Anda terlihat bersih dan seperti baru kembali.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya