Motor Tiruan Asal Tiongkok Ini Lebih Bertenaga dari Versi Aslinya

Jiajue Motor meluncurkan dua sepeda motor baru di awal tahun ini. Desainnya mirip Honda CB650R dan CBR650R.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jan 2023, 16:31 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 16:31 WIB
Jiajue
Jiajue Motor meluncurkan dua sepeda motor baru di awal tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jiajue Motor meluncurkan dua sepeda motor baru di awal tahun ini. Dua model yang dirilis merupakan versi tiruan dari Honda CB650R dan CBR650R.

Dinamakan CN800 Zhen dan CNR800 Rui, masing-masing berjenis naked dan full fairing. Beberapa bagian detail keduanya tampak mirip dengan unit asli.

Foto CN800 Zhen yang tersiar mengilustrasikan kesamaan antara roadster kelas menengah Big Red dan imitasi Jiajue. Dari lampu depan LED bundar hingga unit ekor yang terpahat terlihat seperti bagian neo-retro.

Kemiripannya tidak hanya di sektor bodywork, Jiajue juga menggunakan fork berwarna emas, sistem knalpot underbelly, bahkan velgnya memiliki desain atau pola wheelset yang sama persis dengan aslinya dari Honda.

Bila CB650R gunakan suspensi dari Showa, CN800 Zhen lebih menyukai lansiran KYB. Meski begitu, kedua model menggunakan sistem pengereman dari Nissin.

Jiajue bahkan menawarkan ABS dua saluran untuk memenuhi standar kelas menengah saat ini. Kemudian panel instrumen terdiri dari layar TFT, membuat konsol LCD Honda 650 jadi relatif kuno.

Sedangkan untuk CNR800 Rui, tidak ada perbedaan mencolok dibanding Honda CBR650R, kecuali lampu belakang dan mungkin opsi cat/grafis bodi. Sayangnya tidak banyak gambar dari produk tiruan, jadi analisis detail tidak tersedia.

Namun, bagian yang paling menarik adalah performanya. Dari kabar yang beredar, Jiajue mengambil enjin dari Wuyi Weisenke Power Technology.

Pabrikan mesin sepeda motor yang produknya dapat digunakan di berbagai model kelas menengah dari merek Cina. Pihaknya mengklaim telah mengembangkan in-line empat silinder segaris berpendingin cairan seluruhnya dan sudah berlisensi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga

Jiajue CN800 Zhen dan CNR800 Rui mengambil tenaga dari mesin empat silinder 796 cc. Masing-masing menghasilkan tenaga puncak 117 Hp dan torsi 93 Nm. Powernya disalurkan melalui transmisi 6-percepatan, dengan slipper clutch juga tersedia.

Sebagai perbandingan, Honda CB650R dan CBR650R dibekali mesin 648 cc inline-4 silinder, dengan tenaga 87 Hp dan torsi 57,5 Nm.

Menurut laporan, saat diluncurkan di pasar Cina, Jiajue CN800 Zhen dan CNR800 Rui dibanderol antara CNY30.000 dan CNY40.000 (Rp67 jutaan dan Rp90 jutaan). Meski mesin lebih bertenaga dan konsol instrumen canggih, tetap saja duo Jiajue produk tiruan.

Jika Jiajue menawarkan naked bike dan sportbike full fairing terbarunya di luar Cina, tentu dapat melemahkan pasar CB650R dan CBR650R di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Namun, perusahaan belum memberikan indikasi rencana untuk mendistribusikan platform 800 cc barunya secara global.

Sumber: Oto.com

Infografis 6 Pasal Sorotan UU Cipta Kerja
Infografis 6 Pasal Sorotan UU Cipta Kerja (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya