Pilihan Motor Listrik Seharga Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected hadir di Indonesia dengan banderol Rp 27 jutaan. Dengan harga segitu, terdapat beberapa model motor listrik yang juga bisa dipinang. Ada apa saja?

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Jan 2023, 21:06 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2023, 21:06 WIB
Parade Konversi Sepeda Motor BBM Ke Listrik
Sederet sepeda motor listrik sedang dibersihkan untuk persiapan Parade Konversi Sepeda Motor BBM Ke Listrik di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9/2022). Parade motor listrik tersebut adalah rangkaian memperkuat pelaksanaan G20 dalam transisi energi berkelanjutan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Grand Filano Hybrid Connected hadir di Indonesia dengan banderol Rp 27 jutaan. Dengan harga segitu, terdapat beberapa model motor listrik yang juga bisa dipinang. Ada apa saja?

Pilihan pertama ada Gesits Raya yang dijual Rp27,990 juta OTR DKI Jakarta. Dari segi desain, mengusung bahasa visual sebuah skutik sporty dan elegan. Ia juga pakai setang model telanjang.

Meski belum ada informasi resmi yang disampaikan soal spesifikasi, tampaknya Gesits Raya masih sama dengan Gesits G1 yang saat ini dijual di Indonesia. Itu berarti dibekali motor Permanent Magnet Synchronous Motor berpendingin udara yang kemudian disambungkan ke roda belakang menggunakan komponen belt.

Gesits memiliki baterai Li-NCM 72Volt 20Ah. Rancang dinamo listrik 5 kW-nya mampu menyemburkan tenaga maksimal 6,7 Hp dengan torsi maksimal 30 Nm. Komponen baterai ini diklaim bisa melaju hingga 50 km dalam 1 kali pengisian penuh.

Gesits Raya juga dijelaskan memiliki 2 slot baterai, yang bila difungsikan secara menyeluruh motor ini bisa digunakan sampai 100 km. Sementara untuk durasi pengisian baterai butuh waktu 3 sampai 4 jam. Soal akselerasi 0-50 km/jam cuma butuh 5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 70 km/jam.

Komponen kaki-kaki dari Gesits Raya juga terlihat masih sama dengan G1. Kedua peleknya menggunakan cast wheel 14 inci. Ban depan pakai ukuran 80/80 dan di belakang usung ukuran 100/80.

Suspensi depan pakai model teleskopik yang dikombinasi dengan suspensi belakang model monoshock. Seluruh pengereman sudah pakai tipe cakram dengan komposisi 2 piston depan dan 1 piston di roda belakang.

Ada kemungkinan besar Gesits Raya dibenamkan fitur yang sama dengan G1. Terlepas perbedaan pada panel meter, produk terbaru ini dibekali dengan penerangan full LED, fitur gigi mundur (reverse mode), dan 3 mode berkendara.

Bisa jadi Gesits Raya juga disematkan peranti konektivitas berbasis Bluetooth yang bisa diakses informasi lewat aplikasi di gawai. Teknologi ini sebelumnya sudah dipasang pada G1 yang jadi produk andalan Gesits.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Segway N90C

Motor listrik selanjutnya ada Segway N90C. Ia merupakan model termurah dari Segway. Harganya Rp27 juta OTR DKI Jakarta. Ia tergolong skutik listrik kecil. Mengusung dek rata dan luas. Kursinya juga tampak mungil. Bahkan foot step belakang dijual secara terpisah.

Untuk penerangan, N90C sudah menggunakan LED. Headlamp-nya berbentuk vertikal membuat bagian depan motor terlihat futuristik dan canggih. Kemudian pengereman sudah pakai cakram. Dan ada tambahan teknologi EBAS di bagian belakang. Suspensi depan dan belakangnya menggunakan hydraulic spring.

Fitur terbilang canggih. N90C bisa berjalan mundur; pengendara cukup menekan dan tahan tombol cruise control, menekan rem depan dua kali, lalu memutar tuas gas perlahan.

Serta panel instrumen digital dan telah dibekali peranti konektivitas Segway Apps. Fungsinya memudahkan para penggunaan untuk menjalankan remote on/off, display informasi skuter, customer service contact, one touch diagnostic skuter, dan yang lainnya.

Cara menyalakan dan mematikan motornya pun canggih, bisa pakai kartu smartcard dengan sistem NFC. Secara safety, terdapat sensor standar samping dan sensor jok, sehingga bisa berjalan kalau standar samping terlipat dan jok diduduki.

Bicara soal spesifikasi, N90C memiliki baterai tipe lead acid dengan kapasitas 72V 32Ah. Torsi maksimumnya adalah 98 Nm, dengan kecepatan tertingginya 52 km/jam. Jarak tempuhnya ada di kisaran 74 kilometer sampai dengan 94 kilometer.

 


United T1800

Pilihan selanjutnya ada United T1800 yang dibanderol Rp27 jutaan. Ia tampil dalam bentuk skuter matik bergaya sporty. Pada bagian depan dilengkapi windshield tidak terlalu besar dengan warna hitam transparan.

Dilengkapi lampu LED dan speedometer digital yang memberikan beragam informasi. Punya dimensi panjang 1,9 meter, lebar 0,7 meter dan tinggi 1,2 meter. Muatannya dibatasi sampai 150 kg saja.

United T1800 menggunakan tenaga dari penggerak motor listrik BOSCH 60V1800W yang mampu menghasilkan torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W. Kapasitas baterai Lithium yang digunakan adalah 60V 28Ah yang dalam kondisi penuh 100 persen dapat mencapai kecepatan maksimum 70 km/jam.

Untuk performa, United T1800 memiliki 3 mode percepatan dan turbo mode yang mana masing-masing kecepatan 50 km/jam, 60 km/jam, 65 km/jam dan 70 km/jam. Motor listrik ini juga memiliki mode mundur dengan kecepatan 3 Km per jam.

Sementara akselerasi diklaim hanya butuh waktu 10 detik dari kendaraan berhenti sampai jarak 100 m. Motor listrik ini juga dilengkapi mode perbaikan yang membatasi kecepatan kendaraan hanya 30 km/jam jika terdeteksi kendala pada kendaraan.

Pada bagian kaki-kaki pakai Suspensi Dual Shock agar lebih stabil saat menikung dan kecepatan tinggi. Ban depan dan belakang sudah tubeless dengan diameter 12 inci serta rem cakram depan dan belakang.

Soal fiturnya, United T1800 punya sangat banyak yang bisa ditawarkan. Mulai dari Panel Display Full Digital, Lampu LED, Start/Stop Engine, Speaker, alarm, Sakelar Panel, Cut Off energi motor, Racer Sound Mode dan USB Port.

Sumber: Oto.com

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal
Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya