Perkuat Dunia Motorsport, Dua Divisi Balap Honda Melebur Jadi Satu

Honda memutuskan untuk menggabungkan Honda Performance Development (HPD) dengan Honda Racing Corporation (HRC) mulai 2024. Nama HPD nantinya akan berubah menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC US)

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Okt 2023, 14:06 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 14:06 WIB
HRC
Honda mengumumkan divisi balap di Amerika Serikat yaitu Honda Performance Development (HPD) resmi bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC) mulai 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Honda memutuskan untuk menggabungkan Honda Performance Development (HPD) dengan Honda Racing Corporation (HRC) mulai 2024. Nama HPD nantinya akan berubah menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC US).

“Tujuan kami adalah untuk meningkatkan eksistensi HRC dan tentunya ingin mempertahankan kesuksesan aktivitas balap kami. Selain itu kami percaya bahwa menyatukan motorsport Honda secara global sebagai satu organisasi balap akan membantu kami mencapai hal itu. Para teknisi balap kami di Amerika Serikat dan Jepang bakal menjadi lebih kuat jika bersatu. Kami sangat senang menyambut peleburan HPD ke dalam tim HRC,” ucap Koji Watanabe, President HRC.

HRC di Amerika Serikat akan tetap melanjutkan pusat pengembangannya di Santa Clarita, California, Amerika Serikat. HPD sendiri didirikan oleh American Honda Motor Co., Ltd pada 1993. Mereka mengembangkan mesin balap Honda untuk digunakan pertama kali di ajang balap IndyCar Series.

Selain itu dalam perkembangannya, HPD juga mengembangkan mesin balap Honda untuk kompetisi balap lain di Amerika Serikat yaitu IMSA, Baja Off-Road, Touring Car serta Formula Regional America.

Pada 2018, mereka mengenalkan mobil balap prototipe Acura untuk pertama kali digunakan berlomba di IMSA. HRC juga mengumumkan logonya hendak ditampilkan pertama kali di mobil balap Acura ARX-06 prototypes. Siap dipakai di ajang balap The 2024 Rolex 24 at Daytona, pada 27-28 Januari 2024.

Asal tahu, HRC sendiri mulai beroperasi sejak tahun 1982 bermula dari mengembangkan motor balap Honda. Selama empat puluh tahun perjalannya, HRC menjadi pusat pengembangan berbagai kegiatan balap dunia yang diikuti oleh Honda seperti MotoGP, Superbike, Motocross, World Trial, Paris Dakar rally untuk roda dua hingga roda empat seperti Super Formula, Super GT, Touring Car hingga Formula 1 pada tahun 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyedia Mesin Tim Balap

Nah, HRC divisi roda dua berpusat di Asaka Center, Jepang sementara divisi roda empat bermarkas di Sakura Center, Jepang. Mereka juga sudah berkomitmen untuk melanjutkan keikutsertaannya sebagai penyedia mesin balap F1 bersama tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri hingga akhir 2025.

Pada tahun ini, Honda Bersama HRC juga mengumumkan akan memulai Kerjasama sebagai penyedia mesin balap Bersama tim Aston Martin mulai 2026.

"Warisan balap Honda tidak ada bandingannya dan selama 30 tahun terakhir, kami telah berkontribusi terhadap kesuksesan ini, khususnya di Amerika Serikat. Kami sangat senang dan bangga bisa bergabung dengan teman serta kolega kami di HRC Jepang. Serta mewakili Honda Racing sebagai organisasi balap global. Kami berjanji terus menantang diri kami sendiri dalam aktivitas motorsport di AS. Bahkan kami senantiasa mengembangkan sumber daya manusia serta teknologi untuk bersaing di kompetisi global yang berubah dengan cepat,” imbuh David Salters, President HPD.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya