Tesla Model 3 LR RWD Kembali Hadir, Siap Ramaikan Pasar Eropa

Tesla tengah bersiap untuk meluncurkan kembali Model 3 varian LR RWD di Eropa. Hadirnya Model 3 LR RWD di pasar otomotif akan tampil dengan penyegaran baru.

oleh Rendy Yansah diperbarui 11 Okt 2024, 08:13 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2024, 08:13 WIB
Tesla Model 3 Performance
Tesla Model 3 Performance memberikan peningkatan performa tajam dan beberapa detail penyesuaian. (Tesla)

Liputan6.com, Jakarta - Tesla tengah bersiap untuk meluncurkan kembali Model 3 varian Long Range Rear-Wheel Drive (LR RWD) di Eropa.

Sebagai informasi, mobil tersebut sudah tidak dijual lagi sejak 2019. Namun, kembalinya Model 3 LR RWD di pasar otomotif akan tampil dengan penyegaran baru.

Perbandingan soal jangkauan, Model 3 LR RWD diakui lebih unggul dari Model 3 Long Range AWD. Mobil ini diklaim akan memiliki jarak tempuh mencapai 702 km dengan menggunakan roda berukuran 18 inci.

Hal ini menjadikan Model 3 LR RWD memiliki jarak tempuh baru di jajaran Tesla, dengan mengalahkan Model 3 Long Range AWD, yang memiliki selisih 24 km.

Kini, Model 3 LR AWD sendiri tengah mengalami penurunan pada jarak tempuhnya menjadi 640 km dengan menggunakan roda berukuran 19 inci.

Dengan mengusung tenaga penggerak roda belakang, model ini bisa memiliki harga lebih murah daripada Model Long Range AWD. Rumor yang beredar, calon pembeli bisa menghemat sebesar Rp 51 juta.

Untuk beban neto, Model 3 Long Range RWD akan berbobot 1.822 kg. Diharapkan kecepatan akselerasinya 0 hingga 100 km/jam menyentuh waktu 5 hingga 6 detik.

Spesifikasi Model 3 Varian LR RWD Versi Lama

Sejak 2019, Tesla memutuskan untuk berhenti memproduksi Model 3 varian Long Range Rear-Wheel Drive (LR RWD). Keputusan ini tentu mengecewakan para penggemar Model 3. Namun, kini penggemar Model 3 akan mendapatkan kabar baik, karena model tersebut akan kembali di pasar otomotif.

Menanti peluncuran Model 3 varian LR RWD yang akan tampil dengan versi yang lebih baru dari LR RWD yang sebelumnya, lalu seperti apa spesifikasi Model 3 varian LR RWD yang lama?

Berbicara dimensi, Model 3 Long Range RWD memiliki ukuran panjang 4,6 m, lebar 1,9 m, dan tinggi 1,4 m dengan jarak sumbu roda 2,8 m.

Bobot berat kendaraan listrik tersebut berkisar 1.790 kg, lebih ringan dari berat yang akan diluncurkan pada model LR RWD baru.

Mobil yang mengusung platform Tesla 3 ini menggunakan baterai jenis Litium Nikel Mangan Kobalt (NMC) dengan kapasitas 82 kWh.

Soal tenaga teknis, EV ini menggunakan motor listrik tenaga penggerak roda belakang yang dapat menghasilkan tenaga 239 kWh (390 hp) dan torsi 420 Nm. Untuk kecepatan maksimal, mobil ini mencapai 233 km/jam.

Kembalinya Tesla Model 3 Long Range RWD dengan spesifikasi yang lebih unggul dari versi sebelumnya menjadi kabar baik bagi para penggemar kendaraan listrik.

Dengan jangkauan yang lebih jauh dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan varian AWD, Model 3 LR RWD siap menawarkan pengalaman berkendara yang lebih efisien dan kompetitif di pasar Eropa.

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya