Budiman Sudjatmiko: Prabowo-Gibran Bidik Transformasi Digital, IKN Bakal Jadi Metaverse

Budiman mengatakan, jika tidak berhati-hati, Indonesia berisiko kehilangan relevansinya sebagai sebuah bangsa di era digital.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Nov 2023, 19:33 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2023, 19:33 WIB
Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko saat menghadiri diskusi Indonesia Digital Summit 2023 di Jakarta. (Istimewa)
Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko saat menghadiri diskusi Indonesia Digital Summit 2023 di Jakarta. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengatakan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, punya misi besar dalam ekosistem digital Tanah Air. Mereka berencana mengubah 10 kota menjadi pusat inovasi, bahkan menciptakan metaverse.

Salah satu kota yang menjadi fokus transformasi ini adalah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Budiman menjelaskan langkah tersebut diambil untuk memastikan Indonesia dapat bersaing secara signifikan dalam dunia ekosistem digital global.

"Transformasi dimulai dari pergeseran wadah dari analog ke digital. Prabowo-Gibran berkomitmen membangun 10 kota inovatif sebagai respons terhadap tantangan perubahan budaya, mental, ideologi perusahaan, dan identitas," ujar Budiman dalam diskusi Indonesia Digital Summit 2023 di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Budiman menekankan,  jika tidak berhati-hati, Indonesia berisiko kehilangan relevansinya sebagai sebuah bangsa di era digital. IKN diharapkan menjadi pusat ekosistem digital, sementara sembilan kota lainnya akan menjadi pusat industri dengan teknologi tinggi.

"Dengan konsep ini, sembilan kota akan berperan seperti sembilan planet, dan IKN menjadi pusat super hub dari ekosistem digital. Kami yakin ini dapat direalisasikan, mengingat potensi anak-anak bangsa yang mampu menciptakan inovasi seperti jantung buatan, otak buatan, dan riset pertanian di bulan," ungkap mantan politikus PDI Perjuangan ini.

Budiman menguraikan rencana transformasi digital yang melibatkan 10 kota sebagai bagian dari ekosistem digital. IKN di Kalimantan Timur dijelaskan sebagai pusat ekosistem digital, sementara Sumatera 1 akan menjadi kota industri untuk chips dan nanoteknologi, dan Sumatera 2 akan fokus pada industri Internet of Things (IoT) dan sensor.

Pada tingkat Jawa, rencananya Jawa 1 akan menjadi pusat industri kecerdasan buatan (AI) dan teknologi komputasi, Jawa 2 akan menitikberatkan pada industri perangkat mobile dan teknologi realitas virtual/augmented reality (VR/AR), dan Jawa 3 dijadwalkan sebagai pusat industri robotika dan kendaraan otonom.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Butuh Anggaran Besar

Prabowo-Gibran mendaftar Pilpres 2024
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diarak oleh para pendukungnya dari Taman Suropati untuk kemudian menuju ke KPU untuk mendaftarkan Pilpres 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, Bali diarahkan menjadi pusat industri antarmuka komputer manusia dan media sosial, sementara Sulawesi akan fokus pada industri bioteknologi dan pertanian.

Wilayah Maluku ditetapkan sebagai pusat industri penyimpanan energi, sedangkan Papua diangkat menjadi pusat industri satelit dan konektivitas.

Namun, upaya besar itu membutuhkan investasi sebesar 557 juta dolar AS. Budiman mengungkapkan Prabowo-Gibran mengusulkan pendekatan kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, mencakup kekuatan otak komunitas, dana, dan dukungan pemerintah.

Ini diharapkan dapat membangun ekosistem yang kokoh untuk mewujudkan transformasi digital yang diinginkan.

"Prabowo-Gibran menawarkan pendekatan kesiapan teknologi dan kesiapan pasarnya adalah kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, inilah kolaborasinya, ada kekuatan otak komunitas, uang, dan pemerintah. Masing-masing ada hubungannya, kita bangun ekosistem," kata Budiman.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya