Lolos ke Parlemen, PSI Akan Lakukan Ini

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) semakin yakin melihat Pemilu 2024. Bahkan, berencana akan mendorong suatu rancangan undang-undang jika lolos ke parlemen.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 09 Feb 2024, 01:37 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2024, 22:01 WIB
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep didampingi Sekjen PSI, Raja Juli Antoni melakukan konsolidasi dengan DPW PSI Bengkulu. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) semakin yakin melihat Pemilu 2024. Bahkan, berencana akan mendorong suatu rancangan undang-undang jika lolos ke parlemen.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengatakan, pihaknya akan mendorong pengesahan RUU Kerukunan Beragama. Hal ini disampaikannya usai menghadiri dialog antara PSI dan para tokoh agama serta tokoh masyarakat di Pematang Siantar, Sumatera Utara, Kamis (8/2/2024).

“Atas izin Ketua Umum PSI berencana men-goal-kan RUU Kerukunan dan Kebebasan Bergama," kata Raja Juli dalam keterangannya.

Dia menjelaskan tujuan utama PSI mendorong pengesahan RUU tersebut di antaranya adalah agar perizinan pendirian rumah ibadah menjadi lebih mudah.

"Kita negara berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika di mana UUD Negara Republik Indonesia 1945 mengatakan kebebasan beragama atau berbeda keyakinan itu merupakan hak dasar seluruh warga negara," kata Raja Juli.

Sebelumnya, Ketum PSI Kaesang Pangarep meyakini partainya akan dapat lolos ambang batas parlemen di Pemilu 2024. Bahkan, dia menargetkan akan memeroleh 7 persen suara.

Target tersebut diyakini akan dapat terlampaui. Alasannya karena pada masa kampanye Pemilu 2024, Kaesang telah berkampanye ke 34 provinsi dan ratusan kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Restu Jokowi

Selain upaya kampanye, Kaesang mengakui restu yang diberikan Presiden Joko Widodo juga sangat penting. Jokowi sudah tiga kali melakukan pertemuan dengan pengurus dan kader PSI.

Pertama kala bermain sepakbola bersama di Yogyakarta. Kemudian pertemuan kedua saat Jokowi dan PSI minum teh bareng di Braga, Bandung, Jawa Barat. Dan terakhir saat makan mie bersama di Medan.

“InsyaAllah dengan dukungan dan restu dari Pak Presiden, PSI bisa masuk ke Senayan,” kata Kaesang di Medan, Rabu (7/2/2024).


Sudah Lama

Sebelumnya, ketika dikonfirmasi mengenai dukungan kepada PSI, Jokowi mengungkapkan, dirinya sudah lama memang senang dengan partai yang identik dengan anak muda.

“Kan sudah saya sampaikan saya sejak dulu sudah senang sama yang namanya PSI,” terangnya.

Mengenai penilaian terhadap Kaesang memimpin PSI, Jokowi meminta menunggu hasil Pemilu 2024.

“Ya nanti dilihat tanggal 14 Februari, semuanya,” tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya