Manfaatkan Barang Bekas dengan Cara Cerdas

Dengan kembali menggunakan barang-barang lama ataupun kemasan bekas maka Anda dapat mengurangi sampah sekaligus menghemat uang.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 03 Nov 2016, 07:16 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2016, 07:16 WIB
20161103-Menata rumah dengan barang bekas
Dengan kembali menggunakan barang-barang lama ataupun kemasan bekas maka Anda dapat mengurangi sampah sekaligus menghemat uang.

Liputan6.com, Jakarta Barang-barang yang berserakan akibat tidak disimpan dengan benar memang menyebalkan. Tak perlulah beralasan karena tak punya tempat penyimpanan karena sebetulnya barang-barang bekas atau yang tak terpakai di rumah Anda bisa dimanfaatkan.

Dengan kembali menggunakan barang-barang lama ataupun kemasan bekas maka Anda dapat mengurangi sampah sekaligus menghemat uang. Untuk itu, inilah beberapa cara mudah dan menyenangkan ala Rumah.com yang bisa Anda jadikan panduan untuk mendaur ulang barang-barang bekas tersebut.

Baca juga: Tips: Aneka Kreasi Unik dari Barang Bekas

Stoples selai

Kumpulkan stoples bening bekas selai untuk wadah penyimpanan alat tulis anak-anak, contohnya pensil, pulpen, penghapus, krayon, dan lain-lain. Anak-anak juga bisa menggunakan stoples untuk menyimpan jepit rambut.

Biarkan anak-anak menghias stoples dengan menempelkan stiker ataupun mengecat sesuai keinginan mereka untuk memberikan tampilan baru pada stoples bekas.

Kotak sepatu

Mulai sekarang jangan biarkan struk belanja memenuhi dompet ataupun tersebar di atas furnitur. Lebih baik bersihkan kotak sepatu bekas, lalu gunakan untuk menyimpan surat-surat, kwitansi, struk belanja, foto-foto lama, dan kertas penting lainnya yang berukuran kecil.

Karet rambut

Anak perempuan biasanya gemar mengoleksi aksesori rambut. Kadang-kadang, anak-anak menyimpan beberapa karet rambut yang tidak lagi dipakai karena bosan. Gunakan saja karet rambut untuk mengikat beberapa tangkai bunga hias.

Cara ini sangat berguna ketika Anda menggunakan vas berukuran lebar dan ingin membuat vas terlihat dipenuhi bunga tanpa menggunakan banyak tangkai bunga.

Cat kuku

Anda memiliki beberapa botol kuteks yang jarang digunakan karena warnanya sudah tidak lagi up to date? Daripada dibuang, Anda bisa menggunakan kuteks berwarna terang untuk mengecat kunci rumah, kunci laci, dan kunci lemari supaya tidak ada lagi kunci yang tertukar.

Kunci pun terlihat lebih menarik dengan warna-warna terang.

Bros

Ketika membuka kotak aksesori, apakah Anda menemukan beberapa bros yang penitinya sudah rusak? Jika bros tersebut masih bagus, lepaskan peniti kemudian tempelkan magnet. Voilà! Anda pun berhasil mengubah bros menjadi magnet kulkas.

Berguna juga untuk menempel daftar belanja dan resep favorit di kulkas.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya