Cermati Potensi Masa Depan Sebelum Membeli Hunian

Apa yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli hunian? Selain harga, lokasi, bangunan, dan fasilitasnya, adalah potensi masa depan!

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 28 Nov 2017, 18:09 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2017, 18:09 WIB
20171128-tips membeli hunian agar bernilai investasi tinggi
Membeli hunian seperti rumah atau apartemen memang bisa dibilang mirip-mirip seperti mencari jodoh yang harus banyak pertimbangan.

Liputan6.com, Jakarta Membeli hunian seperti rumah atau apartemen memang bisa dibilang mirip-mirip seperti mencari jodoh yang harus banyak pertimbangan, seperti memperhatikan bibit, bobot, bebet, dan mungkin juga body. Susah-susah gampang.

Susah karena tidak semua informasi detil seputar perkembangan harga dan potensi kawasan bisa kita dapatkan. Tapi sebetulnya juga bisa jadi gampang jika Anda manfaatkan Rumah.com Property Index yang akan membantu Anda menemukan hunian idaman berdasarkan referensi harga yang wajar sesuai dengan sentimen pasar.

Informasi pun dihadirkan secara komprehensif, mulai dari lokasi properti favorit konsumen, hingga ke harga hunian baik perumahan maupun apartemen di Indonesia. Dan selanjutnya bisa juga Tanya Agen yang akan membantu Anda untuk urusan pembelian rumah sehingga tidak merepotkan Anda.

Lantas apa saja sih yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli hunian? Selain harga, lokasi, bangunan, dan fasilitasnya, yang tak kalah pentingnya adalah potensi di masa depan. Simak penjelasan dari Rumah.com berikut.

1. Lokasi, Lokasi, dan Lokasi

Ya, tak bisa dipungkiri lokasi adalah poin utama yang sangat dipertimbangkan orang saat mencari properti. Baik untuk ditinggali maupun sebagai ruang investasi. Dan faktanya hal tersebut senada dengan hasil survei yang menunjukkan 9 dari 10 orang bilang lokasi lebih penting daripada harga saat mencari rumah.

Setujukah Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Pemilihan lokasi yang tepat tentu akan berpengaruh terhadap keuntungan alias gain yang akan diraih. Lazimnya, properti di lokasi terbaik mampu memberi imbal hasil mencapai 20% dalam satu tahun. Investasi yang bagus untuk masa depan.

Sebagai gambaran, lokasi yang potensial adalah kawasan yang diminati banyak orang untuk tinggal di sana. Sebagai contoh di Jakarta Selatan ada rumah di Jagakarsa, Jakarta Utara ada Kelapa Gading, dan di Tangerang Selatan ada rumah dan apartemen di Bintaro.

Anda juga bisa memanfaatkan Cari Agen yang menguasai area pada lokasi yang Anda taksir karena mereka masing-masing punya spesialisasi area.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beli Hunian, Perhatikan Potensi Masa Depan

2. Fasilitas yang Ditawarkan

Jangan pernah anggap sepele fasilitas yang ditawarkan di dalam sebuah kawasan hunian. Katakan saja seperti sarana pendidikan di dalam hunian, sports club, pusat perbelanjaan, hingga sarana rekreasi seperti wahana bermain atau kolam renang.

Ke depannya hal seperti ini juga sangat potensial untuk mendongkrak harga hunian yang ada di dalamnya.

3. Perkembangan Kawasan Sekitar Hunian

Selain itu cermati juga perkembangan kawasan sekitar mulai dari perkembangan ekonomi hingga rencana pengembangan infrastruktur ke depan. Sebut saja seperti perkembangan sektor bisnis, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan, hingga rumah sakit.

Dan perhatikan juga aksesibilitasnya seperti sarana transportasi yang mudah dicapai dan memadai, jalur commuter line, LRT, dan lain sebagainya.

Sudah menemukan hunian yang Anda idam-idamkan dan punya potensi bagus di masa depan? Jika belum, cek di sini untuk pilihan hunian potensial dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya