6 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut yang Wajib Diketahui

Ternyata tidak semua orang memahami bahan-bahan yang tepat serta fungsinya dalam perawatan rambut.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 29 Feb 2020, 07:00 WIB
Diterbitkan 29 Feb 2020, 07:00 WIB
Metode Natural
Metode Natural produk perawatan rambut dari Yogyakarta. (Liputan6.com/ Switzy sabandar)

Liputan6.com, Yogyakarta Perawatan rambut diperlukan untuk membuat rambut indah dan sehat. Namun, ternyata tidak semua orang memahami bahan-bahan yang tepat serta fungsinya dalam perawatan rambut.

Berikut adalah enam bahan alami yang berfungsi untuk merawat rambut.

1. Almond

Almond ternyata bermanfaat untuk merawat rambut. Kandungan di dalam almond bisa menutrisi batang rambut dan kulit kepala, sehingga rambut sehat dan tidak mudah patah.

2. Lavender

Bunga ini ternyata juga bisa untuk perawatan rambut. Selain memberikan efek menenangkan atau calming, lavender bisa untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit kepala akibat jamur, serta menghaluskan rambut.

3. Cedarwood

Kayu jenis ini juga bisa mengobati kerontokan rambut. Ekstraknya juga bisa merangsang kulit kepala sehingga rambut baru pun tumbuh.

4. Rosemary

Jenis rempah-rempah ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut baru.

5. Chamomile

Mirip dengan rosemary, fungsi chamomile juga membantu menumbuhkan rambut baru.

6. Ylang-ylang

Nama bunga ini memang terdengar asing. Namun ternyata, masih satu rumpun dengan kenanga, akan tetapi tumbuh di Filipina. Bunga ini berfungsi sebagai obat untuk mengatasi keluhan rambut.

Selain perawatan akar rambut, ylang-ylang juga berfungsi menghambat uban serta memperbaiki rambut yang rusak karena salah memilih produk untuk rambut atau salah pemakaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Metode Natural

Metode Natural
Metode Natural produk perawatan rambut dari Yogyakarta. (Liputan6.com/ Switzy sabandar)

Metode Natural adalah nama sebuah produk perawatan rambut lokal yang diproduksi di Yogyakarta. Ada dua varian produk yang ditawarkan, yakni hair oil dan hair mist.

“Fungsi keduanya saling berkaitan, biasanya hair oil dipakai dulu setelah keramas, baru pakai hair mist,” ujar Susi Solichatun, pemilik Metode Natural kepada Liputan6.com, Selasa (25/2/2020).

Metode natural mengandung ekstrak bahan-bahan alam dengan pengawet yang juga alami, yakni vitamin E. Kandungan vitamin E juga sebagai antioksidan.

Menurut Susi, Metode Natural bisa digunakan untuk berbagai keluhan rambut, termasuk rambut rusak maupun rontok. Bahkan, untuk rambut yang dicat pun, produk ini justru membuat rambut terlihat kemilau sehingga tidak tampak kusam.

Hair oil Metode Natural dikemas ke dalam dua ukuran, yakni 30 mililiter dan 60 mililiter, sedangkan hair mist hanya satu ukuran 100 mililiter. Untuk harga hair oil dibanderol mulai Rp55.000 dan hair mist Rp85.000.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya