Viral Sungai Kacangan Banjarnegara Meluap dan Bikin Panik Warga

Sungai Kacangan yang berhulu di Kecamatan Kalibening, Banjarnegara meluap dan membuat panik warga yang ada di sekitar bantaran sungai

oleh Liputan6.comRudal Afgani Dirgantara diperbarui 04 Nov 2021, 00:19 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2021, 23:35 WIB
Banjir Sungai Kacangan, Kalibening, Banjarnegara. (Foto: Liputan6.com/Istimewa)
Banjir Sungai Kacangan, Kalibening, Banjarnegara. (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Banjarnegara - Hujan deras sejak tengah hari yang mengguyur sebagian besar wilayah utara Banjarnegara, Selasa (2/11/2021) mengakibatkan sungai Kacangan yang berhulu di Kecamatan Kalibening meluap dan membuat panik warga yang ada di sekitar bantaran sungai.

Seperti di Desa Sijenggung Kecamatan Banjarmangu, misalnya, warga yang rumahnya persis di pinggiran sungai harus mengungsi sementara lantaran banjir tersebut.

Pasalnya, luapan air sungai sudah mengenai bagian rumah, bahkan menghanyutkan kandang ternak milik Darus Riyadi, warga RT 3 RW 2 Dusun Sidareja Desa Sijenggung.

"Beruntung karena kandang itu sudah tidak isi sapi. Isinya tinggal perabot rumah tangga, peralatan pertanian dan jemuran yang belum kering. Semua terbawa arus sungai," ujar Darus.

Tak hanya membuat sungai Kacangan meluap, hujan deras disertai juga membuat longsor tebing, dan menghanyutkan beberapa bagian tanah bengkok desa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Jembatan Gantung Nyaris Putus

Beruntung tidak ada korbandalam peristiwa ini.

Di daerah bawah, meluapnya sungai Kacangan juga membuat panik warga.

Seperti di daerah Desa Wanadadi, jembatan nyaris terendam air sungai sehingga banyak pengguna jalan yang ketakutan untuk melintas.

Bahkan di Desa Lengkong Kecamatan Rakit, sebuah jembatan gantung nyaris putus diterjang arus sungai yang deras, sehingga praktis tidak ada yang berani menyeberang melalui jembatan gantung itu.

Penulis: Heni Purwono

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya