3 Tempat Makan Docang Cirebon, Kuliner Anti-racun Kesukaan Wali Sanga

Konon saat itu salah seorang pangeran membuat jenis makanan baru dari sisa makanan sultan yang tidak habis kemudian dihidangkan kepada para Wali Sanga

oleh Panji Prayitno diperbarui 09 Jan 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2022, 14:00 WIB
3 Tempat Makan Docang Cirebon, Kuliner Anti Racun Kesukaan Wali Sanga
Docang Cirebon, Kuliner Kesukaan Para Wali Songo

Liputan6.com, Cirebon - Dalam perjalanannya, ragam kuliner khas Cirebon memiliki cerita menarik. Latar belakang kisah ini membuat pemburu kuliner tradisional penasaran untuk menikmatinya.

Salah satunya kuliner Docang, kuliner tersebut memiliki cerita legenda yang melekat dengan Wali Sanga. Konon saat itu salah seorang pangeran membuat jenis makanan baru dari sisa makanan sultan yang tidak habis.

Makanan itu dihidangkan kepada para Wali Sanga yang sedang berkumpul di Masjid Agung Keraton Cirebon.

Ajaibnya, racun yang dicampur ke dalam docang itu tidak berpengaruh. Bahkan, setelah memakan docang itu, para wali justru menyukai masakan tersebut.

Dari cerita tersebut, docang menjadi salah satu kuliner asli Cirebon karena sebagai makanan para wali. Momen Ramadan hingga Lebaran biasanya banyak ditemukan penjual docang Cirebon.

Bahkan, hingga saat ini sebagian besar penjual docang Cirebon merupakan turun temurun dari orang tua mereka. Docang juga menjadi salah satu pilihan kuliner khas bagi pengunjung yang berlibur di Cirebon.

Berikut tiga tempat makan Docang Cirebon:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


1. Docang Bu Kapsah

3 Tempat Makan Docang Cirebon, Kuliner Anti Racun Kesukaan Wali Sanga
Docang Cirebon, Kuliner Kesukaan Para Wali Sanga

Sedari dulu hingga sekarang, sajian Docang Cirebon masih bertahan. Kuliner tersebut terdiri dari irisan lontong, ditaburi parutan kelapa muda. Ditambah irisan daun singkong dicampur tauge yang telah direbus.

Kemudian disiram dengan kuah panas yang berisi dage (sejenis oncom) yang sudah dihancurkan, sehingga mengapung di bagian atas kuahnya.

Sebelum disajikan, ditaburi kerupuk kecil-kecil berwarna putih yang dibuat khusus. Varian dalam docang Cirebon tersebut membuat rasa gurih semakin terasa di lidah.

Docang Bu Kapsah ini menjadi salah satu pilihan makan kuliner anti racun pada pagi hari. Lokasi tidak jauh dari Stasiun Cirebon, tepatnya di Jalan Siliwangi No.77, Kecamatan Kejaksan. Docang Bu Kapsah ini buka setiap Selasa sampai Minggu pukul 04.00-11.00.


2. Docang Bu Wiwi

Menikmati Docang Cirebon, Kuliner Legenda Kesukaan Wali Sanga
Kuliner tradisional Docang Cirebon menjadi salah satu makanan khas yang banyak diburu pengunjung. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Rasa kuliner Docang yang lezat membuat para pecinta kuliner khas Cirebon ini ketagihan. Bagi para pengunjung yang ingin menyantap docang pada malam hari bisa datang ke Docang Bu Wiwi.

Lokasi Docang Bu Wiwi di Jalan Ksatria No.95, Kecamatan Kesambi. Tempat makan docang tersebut berada di deretan pedagang kaki lima dan penjual nasi kuning.

Docang juga cocok menjadi salah satu pilihan makan malam anda jika seharian lelah beraktivitas atau berlibur di Cirebon.

3. Docang Pak Kumis

Kelezatan Docang Cirebon memang tidak diragukan lagi. Kelezatannya membuat Docang Pak Kumis menjadi salah satu rekomendasi tempat makan pilihan.

Tempatnya sederhana, Docang Pak Kumis ini berjualan dengan gerobak dorong. Namun, tidak perlu ragu dengan rasa dan kelezatan Docang Pak Kumis.

Docang Pak Kumis berlokasi di Jalan Tentara Pelajar, Kecamatan Kesambi. Warung Docang ini buka mulai pukul 06.00-11.00 dan 17.00-21.00.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya