Alhamdulillah, Jemaah Haji Rombongan Pertama Asal Riau Tiba Selamat di Pekanbaru

Sebanyak 55 haji asal Riau tiba dengan selamat di Asrama Haji Pekanbaru untuk selanjutnya dipulangkan ke kabupaten masing-masing.

oleh M Syukur diperbarui 29 Jul 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2022, 21:00 WIB
Kepulangan hemaah haji Riau di Asrama Haji Pekanbaru.
Kepulangan hemaah haji Riau di Asrama Haji Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebanyak 55 haji dari Provinsi Riau tiba di Asrama Haji Pekanbaru, Jumat petang, 29 Juli 2022. Kedatangan rombongan haji ini merupakan yang pertama di Bumi Lancang Kuning.

Pantauan di Asrama Haji sebagai embarkasi antara itu, kedatangan rombongan memakai dua bus. Sebelumnya mereka mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Masrul Kasmy di lokasi menjelaskan, kedatangan ini sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

"Hari ini Provinsi Riau merupakan penerbangan perdana embarkasi antara, ada 55 orang, tiba pukul 17.40 WIB," kata Masrul.

Masrul menjelaskan, secara umum kondisi kesehatan jemaah haji sehat. Beberapa di antaranya ada yang dibawa pakai kursi roda dan mendapat perawatan karena kelelahan di jalan.

Puluhan jemaah haji rombongan pertama di Riau ini merupakan bagian dari 2.300 warga Bumi Lancang Kuning yang melaksanakan ibadah haji pada tahun ini.

"Masih ada tujuh hari lagi kedatangan, ini yang pertama," kata Masrul.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Periksa Kesehatan

Masrul menyebut jemaah haji ini akan menginap sementara di Asrama Haji Riau. Sebelum itu, puluhan jemaah diperiksa kesehatannya oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru.

"Ada kegiatan seremonial penyambutan nanti, diinapkan di sini, setelah itu dikembalikan ke kabupaten asal," jelas Masrul.

Jemaah haji yang tiba, sebelum kegiatan seremonial, melaksanakan tes antigen sebagaimana arahan dari Kementerian Kesehatan.

"Dalam 10 menit akan keluar hasil, mudah-mudahan sehat semua," jelas Masrul.

Seandainya nanti ada yang terkonfirmasi Covid-19, tambah Masrul, nanti ditangani oleh pihak kabupaten. Panitia kabupaten akan mengisolasi sebelum pulang ke keluarga.

"Ini sebagai upaya pencegahan penyakit menular," ucap Masrul.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya