Waktu dan Lokasi Menyaksikan Gerhana Matahari 2022, Bisa Dilihat di Indonesia?

Hari ini, Selasa (25/10/2022), akan terjadi fenomena astronomi yaitu gerhana matahari.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 25 Okt 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2022, 17:00 WIB
Arti Mimpi Melihat Gerhana Matahari Menurut Beragam Perspektif
Ilustrasi Mimpi Gerhana Matahari Credit: pexels.com/Larry

Liputan6.com, Bandung - Hari ini, Selasa (25/10/2022), akan terjadi fenomena astronomi yaitu gerhana matahari. Mesk demikian, fenomena tersebut tidak dapat dilihat di Indonesia secara langsung.

Gerhana matahari ini hanya bisa terlihat sebagian besar di Eropa kecuali di Portugal dan Spanyol bagian barat, Aljazair bagian barat laut, Tunisia, dan Libya kecuali bagian barat daya.

Gerhana matahari ini pun akan melewati beberapa daerah lain seperti Mesir, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tengah, hingga Rusia bagian barat.

Puncak dari gerhana matahari sebagian ini bisa disaksikan pada waktu 11.00 UT atau jam 18.00 WIB. Meskipun Indonesia tidak bisa menyaksikannya secara langsung, Anda dapat menontonnya di beberapa live streaming di YouTube. Salah satunya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Gerhana Matahari

Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Langit Chile
Bulan menghalangi matahari selama gerhana matahari total di La Higuera, Chile, Selasa (2/7/2019). Gerhana matahari total secara singkat mengubah siang menjadi malam. (AP Photo/Esteban Felix)

Gerhana matahari merupakan sebuah proses terjadinya pergerakan benda langit ke dalam sebuah bayangan dan benda langit lainnya tertutup. Benda langit yang saling menutup tersebut adalah matahari dan bulan.

Gerhana matahari sendiri terjadi ketika bayangan bulan jatuh di bumi sehingga menutupi matahari maka membuat gelap permukaan bumi.

Jenis-jenis dari gerhana pun ada berbagai macam jenisnya yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari hibrida, hingga gerhana matahari sebagian.

Adapun gerhana yang terjadi hari ini adalah gerhana matahari sebagian yaitu ketika bayangan bulan hanya menutupi sebagian dari matahari.

Mungkin banyak bertanya-tanya mengapa ukuran bulan dapat menutupi matahari. Ukuran matahari jauh lebih besar dari pada bulan.

Hal tersebut dikarenakan bulan mempunyai jarak yang lebih dekat dengan bumi daripada matahari maka dari itu bulan terlihat jauh lebih besar dan dapat menghalangi cahaya matahari serta menutupi matahari sehingga terjadi proses gerhana matahari tersebut.


Gerhana Matahari Terakhir 2022

Gerhana Matahari Cincin di Sejumlah Negara Dunia
Gerhana matahari sebagian muncul di balik awan, Arbutus, Md, Kamis (10/6/2021). (AP Photo/Julio Cortez)

Gerhana matahari sebagian hari ini dikabarkan akan menjadi gerhana matahari yang kedua serta menjadi yang terakhir pada 2022.

Gerhana matahari pertama terjadi pada 30 April 2022 lalu. Adapun untuk gerhana matahari total akan terjadi pada tanggal 8 November 2022 nanti.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya