Sambut Natal dan Tahun Baru, Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Murah Pemko Medan

Salah satu opsi untuk menjaga kestabilan dan mengendalikan inflasi harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari besar keagamaan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan melaksanakan pasar murah.

oleh Reza Efendi diperbarui 15 Des 2022, 14:40 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 14:40 WIB
Pasar Murah Pemko Medan
Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Medan, Damikrot, saat membuka pasar murah dalam rangka menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Liputan6.com, Medan Salah satu opsi untuk menjaga kestabilan dan mengendalikan inflasi harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari besar keagamaan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan melaksanakan pasar murah.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Medan, Damikrot, saat membuka pasar murah dalam rangka menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Lapangan Ruko perkantoran Citra Garden, Kecamatan Medan Baru, Rabu, 14 Desember 2022, mengatakan, pasar murah juga merupakan bagian dari solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Ini (pasar murah) agenda tahunan Pemko Medan yang cukup signifikan dalam membantu warga mempersiapkan momen perayaan hari besar keagamaan," kata Damikrot.

Dijelaskannya, pasar murah ini menyediakan barang-barang kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih murah. "Tapi, yang pasti bukan murahan," sebutnya.

Sebagai salah satu agenda yang selalu dinanti masyarakat, keberadaan pasar murah senantiasa menghadirkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau karena adanya subsidi dari Pemko Medan.

"Banyak kebutuhan pokok yang tersedia, seperti beras, gula pasir, telur, minyak goreng, tepung terigu, mentega, kacang tanah, dan sirup," jelas Damikrot.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Peningkatan Konsumsi dan Transaksi

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Medan, Damikrot
Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Medan, Damikrot

Disebutkan Damikrot, fakta di lapangan membuktikan terjadi peningkatan konsumsi dan transaksi masyarakat terhadap berbagai kebutuhan pokok setiap menjelang hari-hari besar keagamaan.

Namun, sangat disayangkan tidak sedikit pedagang nakal memanfaatkan situasi ini dengan cara menumpuk stok bahan makanan di gudang milik mereka menunggu naiknya harga-harga kebutuhan pokok tersebut.

"Tentunya, hal ini berdampak pada kelangkaan stok barang dan kenaikan harga yang terkadang sulit untuk diprediksi," sebutnya.

Adanya pasar murah yang digelar Pemko Medan juga diharapkan membantu menyelesaikan persoalan ekonomi masyarakat. Kepada masyarakat diimbau memanfaatkan pasar murah karena harga komoditas relatif lebih murah karena adanya subsidi.

"Walaupun harga murah, seluruh bahan kebutuhan yang dijual pastinya berkualitas dan layak untuk dikonsumsi," terangnya.


Pasar Murah Harus Tepat Sasaran

Kebutuhan Pokok
Harga beras di pasar murah Pemko Medan

Ditegaskan Damikrot, agar pasar murah ini tepat sasaran, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, berpesan kepada seluruh pihak, khususnya penyelenggara agar mampu menjaga amanah dan tidak bermain mata dengan pihak-pihak tertentu demi mendapatkan keuntungan.

Selain itu, juga diingatkan untuk terus menjaga mutu dan kualitas barang yang dijual. Sebab, pasar murah ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu secara finansial dalam memenuhi kebutuhannya.

"Pasar murah dilaksanakan di 53 titik selama 10 hari dari 14 sampai 23 Desember 2022. Penyalahgunaan wewenang dalam kegiatan ini dipastikan mendapat sanksi tegas dan berat," ungkapnya.

Kepada masyarakat juga diminta tidak memanfaatkan pasar murah ini untuk membeli barang pokok melebihi kebutuhan yang seharusnya. Pemko Medan memiliki tim khusus yang bertugas melakukan pengawasan stok dan harga barang di pasaran.

"Tidak perlu khawatir ada kelangkaan dan kenaikan harga barang, karena Pemko Medan terus berupaya mengantisipasi hal tersebut," Damikrot menegaskan.


Bantu Penuhi Kebutuhan Pokok

Harga sirup
Harga sirup di pasar murah Pemko Medan

Pasar murah dalam rangka Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang digelar Pemko Medan ini mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat. Laura Gultom, warga Kecamatan Medan Baru mengaku sangat senang adanya pasar murah.

"Sangat membantu kami untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang murah dan terjangkau," ucapnya..

Camat Medan Baru, Frans Siahaan menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan mekanisme agar pasar murah ini tepat sasaran dan masyarakat nyaman berbelanja. Salah satunya mewajibkan masyarakat yang akan belanja di pasar murah membawa Kartu Keluarga.

"Selain itu kita juga lakukan penjadwalan setiap lingkungan agar tidak terjadi penumpukan di satu titik pasar murah," ujarnya.

Adapun harga yang telah disubsidi dan jumlah barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah berjumlah 15 item, diantaranya Beras IR-64 harga satuan Rp 9.800 per kg (Rp 294.000 per goni), gula pasir Rp 11.200 per kg (Rp 560.00 per goni), tepung terigu Rp 9.900 per kg (Rp 247.500 per goni).

Kemudian, telur Rp 1.550 per butir (Rp 465.000 per ikat), minyak makan kemasan 1 liter Rp 12.500 (Rp 150.000 per kotak) dan sirup Kurnia Rp 19.000 perbotol (Rp 228.000 per lusin).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya