Berkunjung ke Kampung Seni Jelekong, Pusat Lukisan Bandung Sejak 1979

Hampir seluruh seniman lukis di kampung tersebut mendapatkan keahlian melukis secara turun-temurun.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 04 Feb 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi lukisan
Ilustrasi lukisan. (Photo by Alina Grubnyak on Unsplash)

Liputan6.com, Bandung - Tak hanya kuliner dan destinasi wisata populer, Bandung juga memiliki daya tarik lain yang berhubungan dengan seni. Destinasi tersebut merupakan kampung budaya yang bernama Kampung Seni Jelekong.

Kampung Seni Jelekong berlokasi di Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Kampung tersebut merupakan penghasil lukisan terbesar di Bandung. Kampung Seni Jelekong juga merupakan pusat atau sentra lulisan di Bandung yang sudah lama didirikan.

Kampung Seni Jelekong telah ada sejak 1979 melalui Odin Rohidin. Hampir seluruh seniman lukis di kampung tersebut mendapatkan keahlian melukis secara turun-temurun.

Saat memasuki kampung ini, pengunjung akan disambut dengan beragam lukisan dari seniman-seniman lokal yang memiliki kreativitas tinggi. Tak hanya membuat lukisan, pelukis di kampung ini juga menjualnya kepada para pengunjung dan di beberapa tempat lainnya.

Selain itu, ada juga spot foto yang merupakan foto 3D. Lukisan tiga dimensi tersebut dibuat dengan berbagai tema, sehingga dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang bebas memilih latar foto yang diinginkannya.

Adapun beberapa jenis lukisan yang berada di pusat lukisan Bandung ini biasanya bertemakan pemandangan alam, seperti sawah, air sungai jernih yang mengalir, perkampungan nelayan, pacuan kuda, buah-buahan, aktivitas pasar, dan masih banyak lagi. Beberapa seniman juga membuat lukisan sesuai dengan permintaan pembeli.

Harga yang ditawarkan pun beragam. Tentu saja, semua nominalnya disesuaikan dengan tingkat kerumitan lukisan.

Selain melihat kreativitas di Kampung Seni Jelekong, pengunjung juga bisa mempelajari tentang cerita sejarah kampung tersebut. Awalnya, Kampung Seni Jelekong bermula dari Odin Rohidin atau Oding.

Ia belajar melukis secara autodidak dari kakak iparnya yang dulunya tinggal di Jakarta dan kemudian kembali ke Bandung. Saat di Bandung, ia berprofesi sebagai pelukis yang mengerjakan pesanan dari kolektor lukisan.

Namun, karena terlalu banyaknya pesanan yang didapatkan, Oding pun merasa kewalahan. Akhirnya, ia mengajarkan keahlian melukisnya kepada para tetangga. Tujuannya untuk meringankannya dalam mengerjakan pesanan lukisan yang membludak.

Dari sanalah keahlian melukis tersebut dengan cepat menyebar ke wilayah Jelekong. Hingga saat ini, semakin banyak pelukis yang lahir di Kampung Seni Jelekong.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya